Mendag: Harga kebutuhan pokok di Jatim yang terbaik dan murah

Selasa, 20 April 2021 | 16:38 WIB ET
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat sidak di pasar Wonokromo Surabaya.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat sidak di pasar Wonokromo Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan bahwa harga kebutuhan pokok di Jawa Timur adalah harga paling baik dan murah di seluruh Indonesia.

Pernyataan tersebut dingkapkan pasca Menteri Lutfi melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok di pasar Wonokromo Surabaya, Selasa (20/4/2021).

"Saya didampingi Pak Wakil Gubernur dan Pak Wali Kota menengok Pasar Wonokromo, saya sudah keliling dari Sumatera ke Jawa, hingga hari ini di Surabaya. Harga di Jawa Timur di Pasar Wonokromo ini adalah harga yang terbaik," kata Lutfi.

Untuk itu, dia mengapresiasi stabilnya beberapa harga kebutuhan pokok di wilayah Jawa Timur saat Ramadan dan jelang Lebaran 2021. Mendag menyebut, seperti halnya harga daging sapi yang dicek sebesar Rp 110 ribu/kg.

"Ini harga daging sapi yang mungkin salah satu yang paling murah, karena memang Jawa Timur adalah penghasil," ungkapnya.

Harga-harga yang lain seperti gula, kata dia, juga sesuai dengan harga eceran tertinggi, yaitu Rp12.500/kg tepat, hal ini karena pada Jatim adalah wilayah penghasil gula.

Serta harga cabai yang sudah turun jadi sekitar Rp60 ribu/kg, khususnya cabai rawit merah dan didukung harga-harga cabai yang lain, seperti minyak goreng.

"Jadi saya ucapkan selamat kepada Pemerintah Jawa Timur, Wali Kota Surabaya bahwa harga secara umum harga terpantau baik dan stabil untuk puasa Ramadhan dan Idul Fitri," katanya.

Lutfi mengatakan, stabilnya harga di Jatim juga diapresiasi sejumlah pedagang yang dia temui, hal ini membuat pasar banyak dikunjungi masyarakat tanpa adanya komplain dari pemberi.

"Jadi ini sesuatu yang sangat penting dan saya menganggap bahwa ini salah satu provinsi yang paling sukses di dalam menghadapi puasa Ramadan," katanya.kbc6

Bagikan artikel ini: