Perkuat layanan tanpa padam, PLN bentuk Tim PDKB 150-500 kV di UPT Gresik

Selasa, 13 April 2021 | 21:16 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) resmi melaunching Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) pada Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Gresik di Gardu Induk Sambikerep, Surabaya.

Tim PDKB tersebut memiliki 15 personel didalamnya yang akan menjaga serta memelihara Gardu induk & Jaringan Transmisi sepanjang 513.19 KMS.

Tim PDKB ini merupakan satuan dari petugas khusus PLN yang melaksanakan pekerjaan pemeliharaan listrik tanpa padam pada jaringan transmisi baik Tegangan Tinggi (TT) maupun Tegangan Ekstra Tinggi (TET) tanpa terjadinya padam.

Sebelumnya, pekerjaan pemeliharaan memerlukan pemadaman di sisi Gardu Induk, namun dengan pembentukan Tim PDKB ini maka pemadaman dapat dihindari dan pelanggan listrik tegangan tinggi di wilayah kerja PLN UPT Gresik dapat dilayani dengan optimal.

"Tim PDKB ini merupakan tulang punggung dari pemeliharaan Tegangan Tinggi serta Tegangan Ekstra Tinggi. Dengan adanya Tim PDKB ini, diharapkan dapat meningkatakan pelayanan PLN khususnya di Wilayah Kerja UPT Gresik dari sebelumnya," ujar Executive Vice President Transmisi PLN Eko Yudo Purnomo, Surabaya, Selasa (13/4/2021).

Sejumlah 21 Gardu Induk dan 757 Tower Transmisi yang terdapat di Gresik dan sekitarnya, kedepannya akan menjadi tanggung jawab dari Tim PDKB Gresik dalam pemeliharaan tanpa padam. Salah satu tujuan dari dibentuknya PDKB ini, agar keandalan sistem penyaluran kelistrikan di sisi transmisi tetap terjaga serta meningkatkan mutu pelayananan ke pelanggan.

"Selamat atas terbentuknya tim PDKB UPT Gresik, semangat dalam menjaga keandalan sistem. Tetap perhatikan keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan. Selain itu, selama masa pandemi ini juga tetap lakukan prokesnya," ujar General Manager PLN UIT JBM Suroso.kbc6

Bagikan artikel ini: