Khofifah ingatkan warga Jatim waspadai potensi bencana alam

Senin, 12 April 2021 | 08:49 WIB ET
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

JAKARTA, kabarbisnis.com: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Pasalnya, Khofifah sudah mendapat warning dari BMKG bahwa dua hari ini  diprediksi akan hujan lebat di wilayah Probolinggo, Malang, Lumajang dan Blitar.

Khofifah pun berharap agar ada informasi dini pada masyarakat yang tinggal  di daerah aliran sungai pada wilayah tinggi dengan tingkat kemiringan tertentu untuk menghindari banjir bandang dan longsor.

"Info BMKG, akan ada banjir bandang ataupun gempa susulan karena tadi masih ada gempa 5.3 SR. Jadi kami harap masyarakat yang ada di ketinggian tertentu dan kemiringan wilayah tertentu serta pinggir sungai  berkenan melakukan evakuasi dini ataupun di evakuasi bersama-sama agar terhindar dari  hal yang tidak diinginkan  terjadi," kata dia di sela meninjau dampak gempa bumi di wilayah Malang melalui keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Wilayah yang dikunjungi Khofifah meliputi Turen, Dampit dan Ampel Gading. Khofifah meninjau Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Turen Malang. Ia melihat langsung sejumlah fasilitas sekolah yang ambruk.

Selanjutnya, Khofifah juga meninjau kantor Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit yang mengalami kerusakan cukup parah. Setidaknya  ada 22 kepala keluarga yang mengungsi ke tenda pengungsian yang terletak di halaman rumah warga yang cukup luas.

Khofifah menyarankan balai desa untuk dijadikan posko agar jika nantinya terjadi gempa susulan bisa memungkinkan untuk melakukan penyelamatan diri. Adapun pengungsian diharapkan di lapangan agar lebih aman dan nyaman.

"Saya ingin memastikan tempat pengungsian  ini bisa dilakukan di area luas. Dan setelah berdiskusi dengan Bupati Malang, kita  menyiapkan balai desa sebagai opsi atau pilihan yang strategis untuk dijadikan posko sedangkan beberapa lapangan disiapkan untuk tempat pengungsian,” kata Khofifah. kbc10

Bagikan artikel ini: