Bangkitkan UMKM, motor gerobak listrik Gelis hadir di Sidoarjo

Kamis, 25 Maret 2021 | 23:34 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sebagai upaya mendorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) selain juga mendukung program pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air, motor gerobak listrik (Gelis) memperluas jaringannya di Kota Sidoarjo.

Chief Sales & Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku produsen motor Gelis, Ary Tjahyono mengatakan, hadirnya Gelis di Kota Sidoarjo didasari oleh komitmennya untuk memberi gairah para pelaku UMKM agar bangkit kembali sebagai langkah recovery usai lesu akibat Covid-19.

"Kami hadir di Kota Sidoarjo sebagai salah satu pilihan kendaraan roda tiga bermotor listrik yang ramah lingkungan, harga terjangkau biaya operasional yang sangat ekonomis," kata Ary Tjahyono usai secara resmi membuka diler Gelis Sidoarjo di Komplek Ruko Pondok Mutiara, Kamis (25/03/2021).

Menurutnya, minat masyarakat terhadap motor listrik cukup tinggi. Oleh karena itu Gelis terus gencar hadir di setiap kota. Sebelumnya, motor listrik hasil dari modifikator handal HSR Motor dengan model yang inovatif dan milenial tetapi dengan kegunaan yang optimal untuk pelaku usaha UMKM juga sudah mengaspal di Surabaya.

"Setelah Surabaya, sekarang Gelis hadir di Sidoarjo, berikutnya di Gresik," ujarnya.

Seiring dengan itu, kata Ary, pihak SPI yang memproduksi Gelis, juga telah menyiapkan perangkat-perangkat pendukung untuk efektifitas penggunaan Gelis.

"Salah satu yang utama adalah jaringan pemasaran dan layanan purna jual," lanjutnya.

Dijelaskan Ary, hingga saat ini SPI telah membuka 10 diler untuk memenuhi kebutuhan pelanggan baik di pemasaran maupun di layanan purna jual, 3 dealer di Jakarta sedangkan masing masing satu dealer di Bogor, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Lombok dan Surabaya.

Pihaknya juga berharap kepada pemerintah untuk mendukung kehadiran motor listrik Gelis dalam membantu membangkitkan sektor UMKM di tengah pandemi Covid-19.

"Kami memberikan solusi untuk para pelaku UMKM dengan kendaraan motor listrik yang ekonomis, bebas perawatan dan harga yang terjangkau," tegasnya.

Yang menarik, lanjut Ary, beberapa komponen pembuatan Gelis juga telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

Sedangkan beberapa komponen seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi, dan roda, masih diimpor.

Didukung rangka ringan dengan berat kotor mencapai 600 Kg mampu mengangkat beban hingga 300 Kg. Hal ini berkat penggunaan per belakang model daun (per pikul) dan suspensi depan telescopic.

Kendaraan tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat. Mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 Km/jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 Km.

Direktur Cosbi Sanjaya Motor, diler motor Gelis di Sidoarjo, Robert Cosmos menambahkan, hadirnya Gelis di Sidoarjo dimaksudkan untuk membantu para pelaku UMKM dalammenciptakan ide-ide yang lebih maju.

"Dari sisi ekonomis Motor Gelis ini lebih efisien dengan harga terjangkau dan pas untuk usaha, selain lebih mudah dalam pemakaian sehari-hari," ujarnya yang menambahkan saat ini tengah ditawarkan harga khusus bagi para pelaku UMKM di Sidoarjo dan sekitarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: