Kemendag rangkul pelajar di luar negeri ikut pasarkan produk RI

Kamis, 25 Maret 2021 | 08:27 WIB ET
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan terus berupaya melakukan penetrasi produk dalam negeri di pasar internasional. Salah satunya dengan mengajak para pelajar di luar negeri turut menjadi duta produk Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, elemen pelajar bisa memberikan informasi mengenai segala hal tentang negara di mana mereka tinggal guna pengembangan pemasaran produk ekspor.

"Perdagangan itu kan multi aspek. Ada banyak sisi yang berpengaruh, baik itu sosial, politik termasuk aspek-aspek ekonomi itu sendiri. Siapapun sebenarnya bisa memberikan informasi mengenai kemungkinan perluasan pemasaran produk Indonesia, meskipun dengan informasi yang tidak langsung berkaitan dengan perdagangan itu sendiri," kata Wamendag pada acara virtual, Rabu (24/3/2021).

Dikatakannya, Perhimpunan Pelajar Indonesia di dunia (PPI Dunia) tersebar di sekitar 57 negara yang mencakup hampir semua benua.

Mereka sering terlibat dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah baik melalui Kedutaan Besar RI maupun lewat kementerian.

Wamendag ingin agar mereka terlibat aktif pula dalam pemasaran produk Indonesia.

"Selain dengan menjadi duta produk, pelajar-pelajar juga bisa memberikan informasi mengenai segala hal tentang negara di mana mereka tinggal guna pengembangan pemasaran produk," terang Jerry.

Menurut Jerry, dalam menuntut ilmu, para pelajar juga mesti mempelajari negara yang bersangkutan agar bisa membantu atase-atase dan ITPC perdagangan menangkap perilaku konsumen dan peluang-peluang yang ada.

Hal ini berlaku baik di negara-negara tradisional tujuan ekspor Indonesia maupun pasar-pasar potensial seperti di Afrika, Eropa Timur dan Amerika Selatan.

Perdagangan luar negeri Indonesia mencapai rekor surplus pada tahun 2020 dengan capaian sekitar 20 miliar dolar.

Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2012. Pada tahun 2021, strategi perluasan ekspor diarahkan untuk meneruskan yang telah dilakukan seperti melalui penyelesaian perjanjian-perjanjian perdagangan dan promosi melalui berbagai pameran dagang. kbc10

Bagikan artikel ini: