Menhub rayu Jepang demi perjalanan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya jadi 6 jam

Senin, 22 Maret 2021 | 07:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Indonesia tengah melalukan pembicaraan intensif dengan pihak Jepang guna meningkatkan pelayanan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya menjadi 6 jam. Saat ini, waktu tempuh kereta semi cepat Jakarta - Surabaya sekitar 9-10 jam.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

"Sekarang ini 9-10 jam ke Surabaya (dari Jakarta). Oleh karenanya sekali lagi saya minta ke dirjen kereta api untuk memperhatikan ini," kata Menhub.

Selain itu, Menhub mengusulkan agar Presiden Jokowi meresmikan beberapa stasiun di rute Jakarta-Surabaya.

"Dan saya akan mengusulkan agar Presiden berkenan meresmikan beberapa stasiun yang megah ini dan pasti sangat dibutuhkan rakyat banyak khususnya masyarakat Jakarta," tuturnya.

Tidak hanya itu, pemerintah juga sebelumnya telah menyelesaikan pembangunan double track dari Jakarta hingga Surabaya. Dengan adanya double track maka akan tercapai suatu keselamatan yang lebih bagus dan adanya kebebasan untuk bersilangan dan serta berdampak kepada kecepatan kereta api yang bisa ditingkatkan.

"Tercatat triliunan juga dana-dana yang kita gunakan untuk membuat Jakarta-Surabaya. Sehingga saya minta ke dirjen kereta api melalukan tindakan yang lebih intensif, memastikan ini berjalan dengan baik," ujar Menhub. kbc10

Bagikan artikel ini: