Recall Avanza global karena fuel pump, TAM: Masih kami pelajari

Jum'at, 12 Maret 2021 | 13:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa salah satu kendaraan MPV andalannya, Avanza termasuk dalam kampanye recall karena disinyalir ada masalah pada komponen fuel pump. Meski demikian, sejauh ini dipahami TAM selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia ini belum mengumumkannya secara resmi ataupun menginformasikan kepada konsumen yang terlibat.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi menyatakan, sejumlah tipe Avanza di Indonesia bakal ditarik dari tangan konsumen untuk dilakukan penggantian pada komponen fuel pump, namun sejauh ini belum ada pernyataan kapan itu dilakukan.

"Ya kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari," kata Anton seperti dikutip, Kamis (11/3/2021).

Dia menyebut, saat ini TAM sedang melakukan koordinasi baik ke manufacturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan principal untuk mengetahui secara detil terkait recall tersebut.

"Terkait model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di Indonesia, rata-rata ada di mana, kesiapan part-nya dan lain lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program," tandas Anton.

Sekadar diketahui, kronologi recall fuel pump Avanza dimulai dari Amerika Serikat, saat produsen komponen Denso menyatakan produk fuel pump buatan mereka bermasalah ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pada April 2020. Recall karena masalah ini dilaporkan meliputi 2 juta unit kendaraan.

Denso lantas melaporkan tambahan recall pada November 2020 untuk sekitar 1,5 juta unit di AS. Bila ditotal recall fuel pump Denso melibatkan 3,53 juta unit yang melibatkan merek Toyota, Ford, Mazda, Subaru, dan Mitsubishi.

Denso adalah perusahaan yang dimiliki Toyota, jadi wajar bila mobil-mobil Toyota menggunakan komponen produksinya.

Pada Maret 2020, Toyota Motor Corporation mengumumkan recall 3,2 juta unit di seluruh dunia karena masalah fuel pump. Lantas pada Oktober 2020 diumumkan lagi tambahan unit sehingga totalnya 5,84 juta unit di seluruh dunia.

Mengikuti arahan prinsipal, Toyota Astra Motor (TAM) sudah menyatakan pada Agustus 2020 ada 36.841 unit mobil Toyota yang kena recall fuel pump di Indonesia, terdiri dari Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, dan Kijang Innova, Fortuner, serta Hilux produksi 2017-2019.

Saat pengumuman pada Oktober 2020 itu TAM tidak menyebut Avanza terlibat.

Recall karena fuel pump terendus menjalar sampai Avanza setelah Toyota mengumumkan recall mobil ini di Malaysia pada 4 Maret 2021. Toyota Malaysia menarik kembali 3.293 unit Avanza.

Unit Avanza di Malaysia merupakan mobil impor utuh yang diproduksi Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia. Menariknya justru negara impor yang mengumumkan recall lebih dulu ketimbang negara asal produksinya.

ADM menyatakan bakal mengeluarkan pernyataan resmi terkait recall itu, termasuk keterlibatan Daihatsu Xenia, pada 18 Maret 2021 mendatang. kbc10

Bagikan artikel ini: