Bencana alam bikin konsumsi listrik susut

Selasa, 9 Maret 2021 | 21:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik pada periode Februari 2021 mengalami kenaikan sebesar 1,24% secara nasional. Meskipun, jika dibandingkan dengan Januari 2021 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, penurunan konsumsi listrik ini disebabkan oleh bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah pada akhir Januari hingga Februari 2021. Pasalnya, bencana banjir ini sangat mempengaruhi pelaku bisnis dan industri.

"(Konsumsi listrik) Februari tumbuh 1,24% secara nasional. Februari ada penurunan yang cukup signifikan. Akhir Januari dan Februari ada banjir dan kejadian alam. Ada di kawasan industri dan bisnis. Ada longsor dan angin ribut di Jatim. Ini penyebab penurunan," ujar Bob di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Meski begitu, Bob mengaku optimis konsumsi listrik akan tetap tumbuh pada tahun ini. Di mana perseroan memperkirakan pertumbuhan listrik bisa tumbuh 3% pada tahun 2021. "Kita tapi optimis tahun ini tumbuh 3 persen. Oktober-Desember meski ada penurunan tapi ada pertumbuhan di sektor industri," kata dia.

Optimisme tersebut bukanya tanpa alasan, mengingat pemerintah juga sudah mulai melakukan program vaksinasi kepada masyarakat. Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi juga sudah mulai mengarah ke arah yang lebih baik.

"Sekarang orang juga sudah mulai spending uang. Harapan kita pertumbuhan ekonomi di kuartal 1 dan 2 ini bisa sudah positif dan kita bisa pertahankan pertumbuhan," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: