Sandiaga bidik tambahan 6 juta UMKM melek digital di tahun ini

Jum'at, 5 Maret 2021 | 09:19 WIB ET
Menparekraf Sandiaga  Salahudin Uno
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno menargetkan bisa menambah 6 juta pelaku usaha mikro, kecil menengah (UMKM) yang masuk dalam platform digital alias On Boarding.

"Saya yakin bisa menambah 6 juta UMKM lagi jadi On Boarding di tahun ini. Sehingga totalnya bisa 10 juta UMKM yang On Boarding di 2021," kata Sandiaga saat webinar di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Data hingga akhir 2020, gerakan UMKM On Boarding sudah berhasil menambah 3,8 juta UMKM yang masuk dalam ekosistem digital, sehingga totalnya hingga Januari 2021 mencapai 4,1 juta unit UMKM.

Sebelumnya, Sandi mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif lokal melalui sejumlah program dan insentif. Seperti program Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Beli Kreatif Lokal.

Sementara itu Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI Nia Niscaya mengatakan, terdapat sisi kinerja pihaknya yang masih harus ditingkatkan yaitu dalam transaksi produk ekonomi kreatif (Ekraf) unggulan.

Menurutnya, transaksi penjualan selama 2020 yang tercatat hanya Rp792 miliar dari target Rp890 miliar. Menurutnya Kemenparekraf sudah berupaya keras melakukan strategi penjualan on boarding dan digitalisasi. "Sepertinya ini karena daya beli masyarakat yang lemah karena efek pandemi Covid-19," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: