Hadapi pandemi, Koperasi Greget bantu pasarkan produk UKM

Kamis, 4 Maret 2021 | 23:49 WIB ET

YOGYAKARTA - Dalam rangka membantu pengusaha lemah bertahan saat pandemi Covid-19,  Koperasi Gerakan Ekonomi Gethok Tular (Greget) membantu pemasaran produk produk usaha kecil masyarakat yang sekarang ini sedang banyak terdampak krisis akibat pandemi dengan sistem pemasaran “Getok Tular” dengan saling mempromosikan antar teman dan saudara. Melalu jejaring pertemanan produk produk usaha kecil akan lebih mudah dikenal dan tidak membutuhkan biaya promosi yang besar.

Penanggung Jawab Pengawasan Koperasi Gerakan Ekonomi Gethok Tular (Greget), Dwi Setiyani, Kamis (4/3) usai Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Greget menuturkan, Koperasi Greget juga menyediakan layanan Pemasaran melalui sistem pengadaan pemerintah LPSE  dimana produk produk masyarakat banyak yg belum mampu menjual dengan sistem ini karena terbentur kemampuan manajerial, legalitas dan perpajakan. 

Pada tahun pertama pembukuan imbuh Dwi  Koperasi Gerakan Ekonomi Getok Tular sudah mampu membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada seluruh anggotanya. Begitupun Laporan Keuangan dan Neraca pada tahun buku 2020 menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan  pada koperasi ini. 

"Dengan modal awal sebesar Rp 4,2 juta yang dikumpulkan dari simpanan wajib dan simpanan pokok 21 anggotanya, diakhir Tahun pembukuan 2020 berhasil mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp. 40 juta," jelasnya.

Dwi berharap Koperasi Greget yang bertempat di Jalan Mujahir Raya no 15 Minomartani Ngaglik Sleman ini dapat menyejahterakan anggotanya sesuai visi misi  dan tujuan Koperasi. Selain itu dalam era pandemi ini, pengusaha lemah sangat membutuhkan bantuan untuk dapat bertahan.

Hadir dalam RAT Koperasi Greget, Hellen Phornica,STP.,M.Si Kasie Kelembagaan dan Usaha Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY. Dalam sambutannya pihaknya memberikan materi dan pengarahan kepada seluruh Anggota,Pengurus dan pengawas Koperasi tentang Penguatan Ekonomi dimasa Pandemi.

Bagikan artikel ini: