Jalur KA masih diperbaiki, Daop8 Surabaya kembali batalkan KA Jarak Jauh tujuan Jakarta

Selasa, 23 Februari 2021 | 08:59 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yg menggantung. 

Sampai dengan saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta berupaya semaksimal mungkin melakukan proses perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat disepanjang lokasi yg terdampak banjir. 

Atas ketidaknyamanan tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu. 

"Melihat kondisi yang ada serta mempertimbangkan keselamatan, beberapa perjalanan KA tujuan Jakarta akan dilakukan pembatalan, khususnya untuk keberangkatan KA tujuan Jakarta pagi hari. KA dari Daop 8 Surabaya tujuan Jakarta keberangkatan pagi hari yang batal berangkat yaitu KA Argo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasar turi tujuan Gambir jadwal berangkat 09.00 WIB," ujaranaher Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Selasa (23/2/2021).

Sementara untuk keberangkatan KA lainnya pada sore dan malam hari tujuan Jakarta akan diinformasikan kembali dengan melihat kondisi proses perbaikan jalur rel di lokasi yang terdampak banjir. 

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun. Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen. 

"Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang. Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain," pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: