121 Ribu karyawan hotel dan restoran diusulkan segera dapat vaksin gratis

Sabtu, 20 Februari 2021 | 07:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tengah mempersiapkan untuk ikut serta dalam program vaksinasi Vovid-19 gratis tahap kedua dari pemerintah.

Sekretaris Jendral PHRI Maulana Yusran mengungkapkan, sejauh ini, 121.485 tenaga kerja hotel dan restoran diusulkan ke pemerintah untuk menerima vaksin covid-19. Jumlah tersebut berasal dari 1.549 perusahaan anggota PHRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Awalnya jumlah tenaga kerja yang kami berikan datanya 103.256 dari target tenaga kerja yang datanya 972 ribu. Jadi kami hanya dapat mengumpulkan 103.256 dan kemudian saat adjustment ada 17 wilayah ditambahkan, sehingga jadi 121.485 tenaga kerja," ujarnya dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat, Jumat (19/2/2021).

Maulana menuturkan, persiapan vaksinasi untuk hotel dan restoran memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, PHRI harus memastikan tiap nama yang didaftarkan anggotanya merupakan karyawan aktif dan sesuai dengan nomor induk karyawan (NIK) yang terdaftar.

"Pola pengumpulan data by NIK by name itu bukan hal mudah jadi kami harus dapatkan masing-masing perusahaan nama dan NIK-nya kemudian harus memastikan perusahaannya ada," terangnya.

Jumlah tenaga kerja hotel dan restoran yang akan diusulkan juga masih terus bergerak karena proses pengumpulan data diperpanjang dari 29 Januari-3 Februari 2021 menjadi 11 Februari 2021.

Sebelumnya, ujar Maulana, masih ada beberapa perusahaan di daerah yang belum menerima informasi terkait vaksinasi dengan baik.

"Jadi data itu memang masih belum maksimal. Saat pendataan tanggapannya pun beragam, ada beberapa daerah informasinya kurang baik sehingga merasa khawatir dan sebagainya," tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah menjadikan sektor pariwisata fokus dari strategi pemulihan. Oleh karena itu, hotel dan restoran turut diprioritaskan dalam program vaksinasi nasional tahap kedua yang akan dilaksanakan pada pekan keempat Februari 2021. kbc10

Bagikan artikel ini: