Penanganan longsor tol Surabaya-Gempol ditargetkan rampung akhir bulan ini

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Jasa Marga (Persero) Tbk gerak cepat dalam penanganan longsor yang terjadi di Jalan Tol Surabaya-Gempol. Longsor terjadi pada Kilometer (Km) 06+200 arah Gempol.

GM Representatative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad Hendri Taufik mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan bangunan perkuatan tanah berupa Bronjong. Saat ini sudah dilakukan penambahan perkuatan tanah berupa pemasangan strauss pile di bagian kaki longsoran dan di sisi samping badan perkerasan jalan.

"Saat ini tengah dilakukan proses bor Strauss. Dalam rangka mempercepat penanganan, pelaksanaan pengeboran untuk Strauss Pile dilakukan dengan menggunakan 3 alat sekaligus dan selanjutnya ditargetkan untuk pekerjaan finalisasi dengan pembuatan diafragma dan pile cap pada Strauss Pile tersebut,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (15/2/2021).

Pekerjaan sendiri ditargetkan bisa rampun pada akhir Februari 2021 nanti. Selama pelaksanaan pekerjaan, kendaraan bus dan truk diarahkan ke lajur paling kanan.

Sedangkan untuk kendaraan kecil di lajur sebelah kiri. Untuk membantu pemilahan kendaraan, selama 24 jam petugas melakukan kanalisasi dan pemilahan di sekitar 800 meter sebelum lokasi longsoran.

“Pekerjaan penanganan longsor ini kami upayakan akan selesai di akhir bulan Februari 2021,” ucapnya.

Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penanganan longsor dimaksud. Perseroan tetao mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan.

“Persiapkan diri dengan baik dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima, serta selalu patuhi protokol kesehatan,” tegasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: