Selamat! Wishnutama ditunjuk jadi Komisaris Utama Telkomsel

Kamis, 11 Februari 2021 | 19:26 WIB ET
Wishnutama Kusubandio
Wishnutama Kusubandio

JAKARTA, kabarbianis.com: Mantan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Keputusan ini berlaku efektif mulai 11 Februari 2021.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menuturkan, selain mengangkat Komisaris Utama yang baru, juga terdapat perubahan susunan pengurus yang akan disampaikan lebih lanjut dalam release Telkomsel.

"Manajemen TelkomGroup menyambut baik kehadiran Wishnutama sebagai Komisaris Utama Telkomsel. Merupakan hal yang baik bagi TelkomGroup khususnya Telkomsel, mengingat beliau merupakan orang yang paham tentang teknologi digital dan sudah memiliki cukup banyak pengalaman di industri digital tersebut," ujarnya.

"Diharapkan ini dapat menjadi harapan baru yang mampu mendukung langkah pengembangan strategi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan untuk kemajuan bangsa," lanjut Ahmad Reza.

Wishnutama lahir di Jayapura, Papua pada 4 Mei 1976. Dia dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO NET TV.

Dia sempat menghabiskan masa SMA di Kooralbyn International School Queensland Australia dan International School of Singapore.

Suami dari artis Gista Putri ini mulai bekerja di dunia pertelevisian pada tahun 1994, di stasiun TV Indosiar yang ketika itu masih dimiliki oleh PT EMTEK milik Eddy Kusnadi Sariaatmadja.

Saat bekerja di Indosiar, dia menjabat sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun berselang, dia pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant.

Karir Wishnutama semakin bersinar. Dia diangkat menjadi Production Manager dan melahirkan sejumlah program andalan di Indosiar seperti Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi.

Tahun 2001, Wishnutama pindah ke Trans TV menjadi Kepala Divisi Produksi. Selang dua tahun, kariernya kembali menanjak menjadi Direktur Operasional.

Setahun berikutnya, dia menjadi Wakil Direktur Utama atau Managing Director.

Dia juga sempat menjadi Direktur Utama TV 7 yang kemudian berubah nama menjadi Trans 7.

Dua tahun kemudian, Wishnutama diangkat menjadi Direktur Utama Trans TV. Program-program andalan yang diproduksinya selama di Trans Corp seperti Extravaganza, Dunia Lain, Termehek-Mehek, Opera van Java, On The Spot, dan Indonesia Mencari Bakat.

Penghargaan yang pernah dia raih baik skala nasional maupun Asia di antaranya Asian Television Award dan Panasonic Award.

Wishnutama juga meraih gelar The Best CEO in Indonesia 2010 pilihan majalah SWA dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector pilihan MarkPlus.

Tahun 2013 dia mendirikan NET Mediatama Televisi. Lima tahun berikutnya dia dipercaya untuk menjadi Creative Director atau Sutradara Kreatif dalam Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018.

Selain aktif di bidang broadcasting, Wishnutama juga menyukai bidang musik. Dia membentuk dan menjadi pemain band Soulful Corp. kbc10

Bagikan artikel ini: