Pengganti BLT subsidi gaji bisa dapat Rp3,5 juta, begini cara dapatkannya

Selasa, 9 Februari 2021 | 12:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memutuskan bahwa BLT subsidi gaji tidak dilanjutkan pada 2021, dan anggarannya tidak dimasukkan di APBN 2021. Namun sebagai gantinya, pemerintah akan mengandalkan program Kartu Prakerja untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi Covid-19.

“Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah beberapa waktu lalu.

Menaker menegaskan bahwa alokasi yang diberikan terhadap Kartu Prakerja cukup besar, yakni sekitar Rp20 triliun dan sejauh ini tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk BLT subsidi di APBN 2021.

Alokasi yang diberikan terhadap Kartu Prakerja cukup besar, yakni sekitar Rp20 triliun dan sejauh ini tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk BSU di APBN 2021. Di dalam Kartu Prakerja telah ada komponen insentif, selain dana untuk meningkatkan kompetensi bagi yang berhasil menjadi peserta.

Perlu diingat, program Kartu Prakerja ini bersifat terbatas karena diprioritaskan bagi pekerja yang terkena PHK dan kuotanya telah ditetapkan pemerintah.

Total bantuan yang didapat adalah Rp3,55 juta, dengan rincian Rp600 ribu untuk biaya pelatihan tiap bulan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta dan Rp1 juta sebagai insentif biaya pelatihan, serta Rp150 ribu sebagai biaya survei.

Lantas bagaimana cara mendapatkan bantuan Rp3,55 juta ini?

Saat ini pemerintah sudah menggelar program Kartu Prakerja hingga gelombang 11 pada akhir 2020. Sementara pada awal 2021, pemerintah berencana membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan saat ini manajemen pelaksana masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK). “Program Kartu Prakerja tahun 2021 akan dimulai dengan gelombang 12,” kata dia.

Namun belum ada kepastian kapan akan dimulai. Meski demikian, pemerintah memastikan tetap akan melanjutkan Program Kartu Prakerja tahun ini.

Untuk bergabung mendapatkan Kartu Prakerja ini para calon pendaftar dapat mengunjungi situs resmi Prakerja.go.id. Nah, untuk selanjutnya dapat melakukan login untuk bergabung.

"Bagi Rekanaker yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke agar dapat masuk ke tahap seleksi." seperti yang dikutip dari laman Instagram @kemnaker.

Namun, sebelum mendaftar pastikan kalian memenuhi syarat seperti.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia di atas 18 tahun.
  3. Tidak sedang melakukan kuliah atau sekolah.

Calon peserta juga sebaiknya memahami tahapan-tahapan untuk mendaftar, sebagai berikut:

  1. Buka laman www.prakerja.go.id
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun
  3. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online
  4. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka
  5. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12. kbc10

Bagikan artikel ini: