Jual 4,5 juta unit PS5 sepanjang 2020, untung Sony menggunung

Kamis, 4 Februari 2021 | 20:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sony mencatat berhasil menjual 4,5 juta PlayStation 5 ke seluruh dunia sepanjang tahun 2020. Hal itu berdasarkan laporan pendapatan Sony terbaru yang diterbitkan akhir tahun 2020.

Jumlah penjualan itu cukup mengejutkan di tengah kelangkaan PS5 di pasaran sejak diluncurkan pada bulan November 2020.

Melansir The Verge, bisnis game Sony secara keseluruhan berkinerja jauh lebih baik daripada setahun yang lalu. Analis Daniel Ahmad bahkan mencatat bahwa angka penjualan itu sebenarnya merupakan yang terbaik dalam sejarah PlayStation.

Berdasarkan laporan, pendapatan Sony meningkat 40 persen menjadi US$8,4 miliar atau Rp117,7 triliun. Sebagian dari keuntungan itu diketahui berasal dari penjualan PS5.

Selain itu, laporan juga mencatat keuntungan operasional naik 50 persen menjadi US$763,3 juta atau Rp10,6 triliun karena penjualan game yang lebih tinggi, langganan PlayStation Plus, dan margin yang lebih baik pada perangkat keras PS4.

Melansir Venture Beat, Sony juga mengatakan telah menjual 1,4 juta konsol PS4 pada kuartal ketiga tahun 2020.

Sony mengatakan, mereka melihat peningkatan yang signifikan dalam penjualan perangkat lunak dan konten tambahan di kuartal tersebut, serta peningkatan penjualan perangkat keras berkat peluncuran PS5.

Tetapi, perusahaan mengatakan bahwa pendapatannya berkurang sebagian karena menjual PS5 dengan harga yang lebih rendah daripada biaya produksi.

"Kerugian terjadi karena titik harga strategis untuk perangkat keras PS5 yang ditetapkan lebih rendah dari biaya produksi," kata perusahaan.

Sony memperkirakan penjualan konsol game-nya akan meningkat 1 persen pada kuartal pertama tahun 2021. kbc10

Bagikan artikel ini: