Presiden puji kinerja BSI di tengah pandemi

Senin, 1 Februari 2021 | 19:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Senin (1/2/2020). Bank yang merupakan hasil merger dari tiga bank syariah, yakni Bank BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah ini praktis menjadikannya bank syariah terbesar di Tanah Air.

Presiden Jokowi pun melihat pertumbuhan perbankan syariah jauh lebih baik daripada bank konvensional di masa pandemi. "Alhamdulillah, di tengah krisis pandemi Covid 19, saya senang memperoleh laporan bahwa kinerja perbankan syariah Indonesia tetap mencatat pertumbuhan yang stabil, bahwa perbankan syariah berhasil tumbuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perbankan konvensional," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian PT BSI Tbk di Istana Negara yang disiarkan secara virtual di Jakarta, Senin (1/2/2021).

Jokowi melihat dari sejumlah indikator. Pertama, pertumbuhan aset perbankan syariah mencapai 10,97% secara yoy dibandingkan bank konvensional yang hanya 7,7%. Parameter kedua adalah sisi dana pihak ketiga. Presiden melihat laporan pertumbuhan dana pihak ketiga di sektor perbankan syariah tumbuh 11,56% atau lebih tinggi daripada bank konvensional yang hanya 11,49%.

Parameter ketiga adalah pembiayaan. Jokowi mencatat pembiayaan di sektor perbankan syariah naik 9,42% secara yoy atau lebih tinggi daripada bank konvensional yang hanya 0,55%. Jokowi berpendapat kenaikan angka tersebut akan membuat ekonomi syariah akan semakin diminati publik.

Presidennya pun mengutip data The State of Global Islamic Economy Indicator Report ektor ekonomi syariah Indonesia terus naik dalam 3 tahun terakhir, yakni peringkat ke-10 di tahun 2018, lalu peringkat ke-5 di tahun 2019 dan peringkat keempat di tahun 2020.Ia optimistis Indonesia akan menjadi pusat ekonomi syariah dan ekonomi syariah akan berdampak bagi masyarakat.

"Saya meyakini Insyaallah bahwa ekonomi syariah Indonesia akan tumbuh sangat cepat, akan berkontribusi besar dalam mewujudkan kesejahteraan umat dan masyarakat kita sebagai bagian dari bukti bahwa Islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin," kata Presiden.

Sebagai informasi saja, proses persiapan merger tiga bank syariah menjadi PT BSI Tbk tidak singkat. Butuh waktu setidaknya hampir 10 tahun hingga peluncurannya hari ini.

kbc11

Bagikan artikel ini: