20 Ribu warteg sekarat, Kemenkeu sebut sudah beri bantuan usaha produktif

Minggu, 31 Januari 2021 | 09:23 WIB ET
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara

JAKARTA, kabarbisnis.com: Informasi yang menyebutkan ada 20.000 usaha warung tegal (warteg) di Jabodetabek terancam tutup lantaran tak sanggup membayar harga sewa tempat mendapat tanggapan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Menurutnya, pemerintah telah memberikan beberapa bantuan produktif kepada pelaku usaha kecil.

"Kita sudah ada beberapa program pemerintah buat usaha produktif," kata Suahasil dalam Forum Diskusi Salemba bertajuk: Outlook Perekonomian Indonesia 2021, Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Salah satunya dengan memberikan bantuan dana hibah kepada 12 juta pelaku usaha UMKM. Setiap penerima mendapatkan dana sebesar Rp 2,4 juta.

Bantuan tersebut diberikan pemerintah melalui perbankan. Sehingga masyarakat tidak perlu mengantri untuk mendapatkan bantuan pemerintah tersebut.

"Kami berikan bantuan yang demikian untuk memperkuat modal mereka. Sudah ada 12 juta penerima manfaat yang disalurkan melalui perbankan, jadi enggak perlu antri di kantor pos," tuturnya.

Beberapa program lainnya yakni memberikan modal pembiayaan. Pembiayaan diberikan lembaga keuangan formal tertentu dengan tanpa bunga. Sebab bunga tersebut dibayarkan pemerintah dengan menggunakan dana APBN.

"Kredit usaha mikro ini juga kita berikan tanpa bunga, karena yang bayar bunganya ini dari APBN dan ada beberapa program lainnya," pungkas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: