Warganya suka pelesiran ke luar negeri, RI kehilangan Rp150 triliun per tahun

Jum'at, 29 Januari 2021 | 12:24 WIB ET
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, sektor pariwisata nasional kehilangan Rp 150 triliun setiap tahun. Ini diakibatkan masyarakat lebih tertarik untuk melancong ke luar negeri dibanding, berwisata ke destinasi domestik.

"Jadi ada Rp 150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita asyik berlibur di negara-negara favorit," katanya seperti dikutip, Kamis (28/1/2021).

Menurut dia, hal tersebut diakibatkan oleh masih belum maksimalnya pengembangan potensi kawasan wisata nasional.

Oleh karenanya, Sandiaga menginginkan agar proyek pengembangan destinasi super prioritas dapat menarik minat dari para wisatawan lokal. Sehingga, uang yang ke luar dari Indonesia dapat ditekan.

Di sisi yang lain, pendapatan sektor pariwisata nasional akan meningkat. Dengan porsi sekitar 30 persen dari Rp 150 triliun, setidaknya industri wisata nasional dapat mengantongi Rp 50 triliun setiap tahun.

"Itu bisa mencapai Rp 50 triliun yang kita bisa arahkan untuk destinasi kita, baik yang ada di NTT, Manggarai Barat ada Labuan Bajo, maupun di Sulawesi Selatan," katanya.

Dia mengatakan, masih banyak potensi destinasi pariwisata nasional yang dapat dikembangkan ke depannya, agar mampu menarik minat wisatawan.

Ia pun berharap, apabila pandemi Covid-19 berakhir, Indonesia dapat menjadi salah satu lokasi wisata favorit di kawasan Asia Tenggara.

"Maka tahun 2021 saya sebut sebagai tahun pemulihan mengawali kebangkitan," ucapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: