Qoala Plus jadikan Surabaya poros penjualan asuransi digital untuk Indonesia Timur

Jum'at, 15 Januari 2021 | 10:45 WIB ET

SURABAYA - Penjualan asuransi lewat platform digital yang dikembangkan oleh perusahaan insurance technology/ insurtech justru mengalami pertumbuhan signifikan di situasi bisnis yang menantang akibat pandemi Covid-19.  Salah satu perusahaan insurtech tersebut adalah Qoala. Qoala Plus, platform digital milik Qoala yang diluncurkan awal tahun lalu, tumbuh menjadi jaringan asuransi terbesar di Indonesia. Qoala Plus kini memiliki tenaga pemasar, yang disebut Mitra Qoala Plus, dengan jumlah mencapai 10.000 orang.

Hal ini diungkapkan VP of Offline Business Qoala, Sugeng Purnomo (Ipung), dalam acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Hotel Four Points, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/1).

"Pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 membuat aplikasi Qoala Plus hadir sebagai solusi mengakses produk asuransi dan mendapatkan penghasilan tambahan. Terbukti, di tahun 2020, Qoala Plus mengumpulkan pendapat premi dengan total Rp 50 miliar. Dari angka tersebut, kontribusi Mitra Qoala Plus di Surabaya berada di posisi nomor dua setelah Jakarta. Dan kami senang sekali karena ini menunjukkan bahwa pasar asuransi di Surabaya sangat antusias menyambut kehadiran Qoala Plus," ujar Ipung.

Menurut Ipung, Surabaya sebagai kota industrial memiliki karakteristik tersendiri. Namun, sambung dia, Qoala optimis untuk memaksimalkan potensi penjualan asuransi di Surabaya. Bahkan, Qoala ingin menjadikan Surabaya sebagai poros optimalisasi potensi penjualan asuransi di wilayah Indonesia Tengah dan Timur.

"Tahun ini, kita targetkan pendapatan premi untuk Indonesia Timur Rp 20 miliar dan Surabaya bisa menyumbang Rp 15 miliar dari total pendapatan premi nasional Rp 200 miliar,” kata Ipung, panggilan akrabnya

"Masih banyak peluang yang bisa dimaksimalkan. Di sekitar Surabaya misalnya, ada kota satelit seperti Malang, Kediri, Jember, Madura dan Banyuwangi. Kami ingin semua daerah bisa mengakses produk asuransi dengan mudah dan cepat. Wilayah Indonesia ini luas, ada total 260 juta penduduk, cuma digitalisasi yang bisa mempersatukan area kita yang luas ini," tambah pria yang sudah 17 tahun berkecimpung di dunia jasa keuangan ini.

Hal senada disampaikan Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Timur, Dwiyanto Kurniawan (Fafan). Menurut Fafan, kepercayaan menjadi kunci utama Qoala Plus bisa diterima dengan baik oleh Mitra Qoala Plus dan customer di Surabaya.

"Mitra Qoala Plus di Surabaya melihat Qoala didanai investor yang kuat dan kredibel, serta dipimpin oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di industri asuransi," pungkas Fafan.

Bagikan artikel ini: