Menlu tegaskan RI tidak berniat buka hubungan diplomatik dengan Israel

Rabu, 16 Desember 2020 | 18:27 WIB ET

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menegaskan, Indonesia tidak berniat untuk membuka hubungan dengan Israel, sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo.

Pernyataan itu disampaikan Retno menanggapi pemberitaan yang menyebutkan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel.

“Saya ingin menyampaikan dua hal. Pertama, hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan dengan Israel,” kata Retno, dalam pengarahan kepada pers secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Retno mengatakan, alasan kedua adalah menyangkut dukungan konsisten Indonesia kepada Palestina. “Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan parameter internasional lain yang telah disepakati secara konsisten akan tetap dijalankan,” ujar Retno.

Sebelumnya, Times of Israel, Jumat (11/12/2020) dan Jerusalem Post, Minggu (13/12/2020), mengungkapkan Saudi mengarahkan kesepakatannya dengan Israel dan mendorong negara-negara Muslim lainnya untuk membangun hubungan dengan Israel, di antaranya Indonesia dan Oman sebagai kandidat potensial.

Times of Israel yang mengutip Channel 12, menyatakan Arab Saudi berperan dalam kesepakatan normalisasi yang diperantarai oleh Trump antara Israel dan Maroko. Laporan itu tidak merinci keterlibatan Saudi dalam kesepakatan normalisasi yang diperantarai AS. Riyadh juga belum secara resmi bereaksi atas kesepakatan tersebut. kbc9

Bagikan artikel ini: