Perbankan kepincut kucurkan pembiayaan pengadaan vaksin Covid-19

Rabu, 16 Desember 2020 | 10:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisis.com: Sejumlah bank menyatakan komitmennya untuk mengucurkan pembiayaan pengadaan vaksin Covid-19. Maklum para perusahaan farmasi pelat merah yang ditugaskan pemerintah memproduksi dan mendistribusikan vaksin mengaku butuh pendanaan dari perbankan.

“Mengingat akan luas dan besarnya skala penanggulangan pandemi, kami membutuhkan mitra perbankan yang solid dan inovatif dalam memberikan solusi finansial yang tepat.” ujar Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis PT Bio Farma  I Gusti Ngurah Suharta Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2020).

Bio Farma punya tugas untuk mempersiapkan 15 juta bulk vaksin tahap pertama. Bio Farma juga mengumumkan telah mendapat pembiayaan dari Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Indonesia senilai US$ 185 juta atau setara Rp 2,68 triliun.

Pembiayaan dikucurkan dalam bentuk omnibus line facility dalam beberapa tahap yang juga mencakup  proposisi syariah, musharakah trade financing, serta forward hedging.

"Fasilitas yang kami berikan kepada perusahaan farmasi BUMN sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun yang baru ini memang khusus untuk kebutuhan penyediaan vaksin Covid-19," ungkap Presiden Direktur Maybank Taswin Zakaria, Selasa (15/12/2020).

Selain Maybank, Presiden DIrektur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiatmadja juga menyatakan BCA tengah menyiapkan kredit untuk pengadaan vaksin Covid-19.

Sementara EVP Secretariat and Corporate Communication BCA Hera F Haryn bilang, pembiayaan dari BCA terutama akan dilakukan terhadap proses distribusi vaksin.

"Hingga saat ini, kami sedang berkoordinasi dan berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait untuk rencana fasilitasi pembiayaan distribusi vaksin. Kami berharap proses ini dapat berjalan lancar dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia.," jelasnya kepada Kontan.co.id.

Tak mau kalah bank pelat merah juga diketahui bakal menyiapkan sejumlalh skema pembiayaan. Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Haru Koesmahargyo bilang BRI bakal berpartisipasi dalam pembiayaan bersama dengan bank lainnya.

"Demi mendukung keberhasilan program pemerintah dalam penyediaan vaksin Covid-19 kami akan berpartisipasi dalam pembiayaan melalui skema club deal bersama dengan beberapa bank," kata Haru. kbc10

Bagikan artikel ini: