Perempuan pun bisa sukses berkarier, ini rahasia mereka

Rabu, 9 Desember 2020 | 18:47 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Emansipasi perempuan bukan lagi menjadi hal asing. Sudah banyak perempuan Indonesia yang sukses, baik dalam karier maupun keluarga, termasuk berkarier di dunia kepelabuhanan dan lainnya.

Sebut saja Direktur Direktur Utama PT. Terminal Petikemas Surabaya,  Dothy, Deputy CEO Kamadjaja Logistic (Grup Kamadjaja), Ivy Kamadjaja, Direktur Transportasi dan Pengembangan Bisnis PT. Pelindo Husada Citra, Purwanti Aminingsih, Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT. Pelindo Marine Service, Lia Indi Agustiana dan dosen Psikologi Unair Surabaya, Endang R. Suryaningrum.

Mereka adalah perempuan hebat yang mampu memberikan warna dalam kehidupan dan lingkungan sekitarnya, di lingkungan kepelabuhanan, kesehatan hingga pendidikan.  Mereka berupaya melakukan yang terbaik bagi Indonesia, sesuai dengan bidang yang digeluti.  

Dalam acara Woman Leadership Webinar (WLW) yang digelar secara daring oleh Perguruan Tinggi milik Pelindo III STIAMAK Barunawati Surabaya, Selasa (8/12/2020), perempuan-perempuan hebat tersebut  buka-bukaan, bercerita tentang kisah sukses mereka dan berbagi tips kesuksesan.

Direktur Utama PT. Terminal Teluk Lamong, Dhoty mengungkapkan bawah menjadi perempuan adalah sebuah anugerah. Untuk itu, perempuan harus cerdas, tepat dan cepat dalam melaksanakan kewajiban dan mengemban amanah.

"Menjadi perempuan  harus cerdas dalam bekerja. Memilah mana pekerjaan yang harus dikerjakan sendiri, pekerjaan bisa didelegasikan dan mana pekerjaan tidak penting dan bisa ditinggalkan. Sebagai pemimpin harus bertanggung jawab dan alhamdulillah Pelindo III support untuk cewek," kata Dothy saat memberikan materi dengan tema "Woman Leadership in Port and Shipping Bussiness". 

Dengan peran yang dilakoni saat ini, ia merasa bangga karena telah menjadi bagian dari global maritim dan shipping line. Dalam kesempatan tersebut ia juga berbagi kisah bagaimana ia bersama orang-orang penting maritim di dunia, melakukan pengawalan kegiatan di atas kapal laut perairan internasional. 

Pengalaman yang sama juga diutarakan oleh srikandi logistik nasional Ivy Kamadjaja. Ia mengungkapkan bahwa perempuan harus berani keluar dari kebiasaan. Perempuan, ujarnya, memiliki kelebihan kerja lebih detail. Perempuan juga bisa fokus dalam bisnis dan perempuan juga bisa bekerjasama, berkolaborasi dan menciptakan bisnis lebih kuat. "Kita bisa mengatur waktu lebih detail," kata Ivy bersemangat. 

Sementara itu, Purwanti Aminingrum mengatakan bahwa perempuan tetap bisa berperan ditengah kewajiban mengurus keluarga. "Saya asli Jakarta dan keluarga di Jakarta. Saya ditugaskan di Surabaya. Semua bisa saya kerjakan," ujar Purwanti.

Keseruan yang sama juga diceritakan oleh Lia Indi, bahwa background keuangan yang disandang tidak berarti pekerjaan lain tidak bisa dikerjakan. " Background saya keuangan, tapi saya bisa mengelola SDM, Saya bangun komunikasi. Karena inti dari SDM dibutuhkan komunikasi," katanya. 

Dari sudut pandang akademi disampaikan dosen psikologi Unair Endang R. bahwa konsep kepemimpinan adalah mengelola SDM. Sementara dari nilai dasar SDM akan muncul karakter kepemimpinan berwibawa atau lainnya.kbc6

Bagikan artikel ini: