Ciputra siapkan proyek perumahan baru di Medan dan Surabaya pada 2021

Jum'at, 4 Desember 2020 | 08:55 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan properti PT Ciputra Development Tbk. tengah menyiapkan proyek perumahan baru di dua kota, yakni Medan dan Surabaya.

Direktur PT Ciputra Development Nanik Joeliawati Santoso mengatakan, proyek yang berlokasi di Medan, Sumatra Utara, akan dibangun dengan menggandeng PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II).

"Di Medan tahun depan kami akan garap dua area, yang pertama seluas 7 hektare dan yang kedua seluas 35 hektare. Untuk di Surabaya, yang akan digarap tahun depan seluas 200 hektare," kata Nanik dalam paparan publik pada Kamis (3/12/2020).

Direktur Independen PT Ciputra Development Tulus Santoso menuturkan wilayah pengembangan perusahaan pengembang dengan kode emiten CTRA itu mengikuti kondisi pasar.

Namun demikian, CTRA memiliki sejumlah proyek di kota-kota besar. "Ada proyek kota-kota besar. Yang terbesar di Jabodetabek, Surabaya, dan Sumatra. Kami mengikuti kondisi market untuk membangun proyek baru.”

Tulus menambahkan perusahaan masih akan secara konsisten menambah land bank. Adapun, target penambahan land bank sama dengan yang dijual atau dilepas tahun ini.

"Tidak menutup kemungkinan penambahan lahan ini bisa berasal dari proyek-proyek kerja sama operasi. Saat ini kami memiliki land bank 4.304 hektare," ucap Tulus.

Direktur PT Ciputra Development Harun Hajadi menuturkan permintaan properti hunian yang mulai bergairah pada pengujung tahun ini didorong oleh pembeli dengan tujuan investasi yang kembali masuk untuk membeli properti.

"Pada awal pandemi, investor market menghilang dari pasar dan yang membeli properti merupakan end user. Sekarang investor sudah kembali masuk dan cukup besar," tuturnya.

Menurutnya, pembeli properti dengan tujuan investasi itu kembali ke pasar properti setelah melihat imbal hasil dari produk investasi keuangan sudah lebih terbatas.

"Aset properti memang sudah lama menjadi alat investasi yang bernilai baik," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: