Pemerintah siapkan Rp7 triliun untuk subsidi kuota belajar

Kamis, 26 November 2020 | 12:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menilai bantuan kuota internet untuk proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada murid sekolah cukup signifikan. Bantuan ini masih dibutuhkan mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran Bantuan Umum Negara (BUN) sebesar Rp 7 triliun. BUN itu untuk memberikan bantuan kuota internet bauk untuk murid maupun tenaga pengajar.

"Kami mendengar banyak tantangan dari orang tua murid. Banyak yang punya 3 anak, dan harus keluar biaya untuk kuota begitu besar untuk bisa melakukan Zoom call atau video call setiap hari, membagi datanya melalui WA. Dan dari situlah kita berjuang melalui dana BUN yang akan kita diskusikan hari ini, Rp 7 triliun untuk bantuan kuota," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (25/11/2020).

Nadiem menjelaskan, dari program bantuan kuota internet sudah disebar kepada 35,5 juta penerima. Terdiri dari siswa, guru, mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 35,5 juta siswa guru mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia sudah menerima bantuan kuota data internet. Ini adalah salah satu inovasi dan salah satu bansos yang dilakukan degan skala yang begitu besar," ucapnya.

Menurutnya bantuan ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah pemerintah menyebar bantuan kuota data internet kepada penerima sebanyak itu. kbc10

Bagikan artikel ini: