7.594 UMKM dan IKM di Jatim manfaatkan diskon tambah daya listrik Super Merdeka

Rabu, 25 November 2020 | 20:17 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Diperpanjang hingga 30 November 2020, Program Diskon Tambah Daya "Super Merdeka" dari PLN terus memperoleh antusiasme para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Di Jawa Timur, hingga 20 November, tercatat sekitar 7.594 UKM dan IKM yang telah manfaatkannya. Sementara secara nasional, lebih dari 50 ribu UMKM dan IKM telah mendaftar untuk memanfaatkan program ini.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan bahwa meskipun telah diperpanjang dua kali, program ini terus mendapatkan sambutan baik dari pelanggan.

"Antusiasme pelanggan sangat besar, lebih dari 50 ribu pelanggan telah mendaftar, dan jumlah ini bisa makin bertambah setiap harinya. artinya pelanggan menyambut positif dan bisa merasakan langsung manfaat dari penambahan daya ini," ucap Bob di Surabaya, Rabu (25/11/2020).

Sementara di Jawa Timur antusiasmenya juga cukup luar biasa. Ada sekitar 7.594 UMKM dan IKM telah mendaftar untuk memanfaatkan program ini. Terbanyak dari wilayah UP3 Madiun dengan jumlah 2327 pelanggan, kedua dari UP3 Ponorogo sebanyak 1218 pelanggan, dan ketiga dari Banyuwangi sebanyak 789 pelanggan.

"Ini membuktikan sektor UMKM dan IKM di Jawa Timur terus produktif dan bertumbuh di tengah pandemi," terang Senior Manager Niaga PLN UID Jawa Timur, Agung Surana.

Melalui program Super Merdeka ini, PLN memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% bagi pelanggan golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

Abdul Tolak, Pemilik Usaha Handicraft di Panarukan, Situbondo, salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan program Super Merdeka dengan menambah daya listrik dari 900 VA ke 2200 VA, menilai hadirnya program tersebut sangat membantu dirinya untuk mengembangkan usahanya.

"Kebetulan sedang membutuhkan daya yang lebih karena kemarin itu daya nya tidak cukup, dan Alhamdulillah tambah daya jadi murah dengan program ini. Terutama saat pandemi seperti sekarang ini pengeluaran sekecil apa pun terasa berarti," tambahnya.

Di tengah pandemi Covid-19, UMKM/IKM adalah tulang punggung kegiatan ekonomi. Program Super Merdeka merupakan wujud kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM/IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya.kbc6

Bagikan artikel ini: