Pekan ini, BI diprediksi pertahankan suku bunga acuan

Senin, 16 November 2020 | 17:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) diprediksi bakal mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate di 4 persen. Adapun BI akan menggelar Rapat Dewan Gubernur BI pada pekan depan, 19 November 2020,.

"Kami perkirakan BI akan mempertahankan suku bunga tidak berubah di angka 4 persen," kata Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee dalam keterangan tertulis, Minggu (15/11/2020).

Pada akhir pekan ini, rupiah sedikit melemah setelah Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan ke depan BI masih ada ruang penurunan suku bunga acuan pada Rapat Kerja Komisi XI DPR RI.

Menurut Perry, penurunan suku bunga ini tentu dengan memantau perkembangan ekonomi global dan domestik.

Adapun saat ini BI telah menurunkan suku bunga acuan sebanyak empat kali atau sebesar 100 basis poin menjadi 4 persen. Keputusan ini sejalan dengan kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, serta untuk mempertimbangkan rendahnya tekanan inflasi dan relatif stabilnya nilai tukar rupiah.

Hans juga mengatakan, saat ini pelaku pasar berhati-hati karena lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara. Dari penghitungan Reuters menunjukkan kasus virus Covid 19 telah naik lebih dari 100 persen di 13 negara bagian Amerika dalam dua pekan terakhir. kbc10

Bagikan artikel ini: