Tiba di Tanah Air, jemaah umrah wajib tes Covid-19

Rabu, 11 November 2020 | 11:10 WIB ET

 JAKARTA, kabarbisnis.com: Jemaah umrah asal Indonesia pasca dibukanya kembali inadah tersebut di Arab Saudi, sudah mulai kembali ke Tanah Air pada Selasa (10/11/2020). Namun mereka harus menjalani masa karantina dan swab test Covid-19.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sebelum jemaah pulang dan sesudah sampai di Tanah Air, mereka akan menjalani serangkaian tes guna memastikan status kesehatan jemaah.

“Screening untuk memastikan status kesehatannya terkait Covid-19. Sambil menunggu hasil tes, maka jemaah akan dikarantina di lokasi yang sudah ditentukan yaitu Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur,” katanya saat konferensi virtual, Selasa (10/11/2020).

Lebih lanjut, jika hasil tes menunjukkan bahwa jemaah positif Covid-19 maka mereka akan dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

“Bagi jemaah yang Umrah yang hasil tesnya negatif maka wajib untuk melakukan isolasi di fasilitas kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah,” katanya.

Adapun jemaah Umrah asal Indonesia sudah diperbolehkan untuk mengunjungi masjidil haram di Mekkah, Arab Saudi sejak 1 November. Hal ini sesuai kebijakan Saudi yang membuka pintu Umrah bagi jemaah luar negeri per 1 November 2020.

Selama menjalani ibadah, jemaah diminta untuk menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga diminta untuk menaati seluruh peraturan terkait Covid di negara itu.

Setelah tiba di Saudi, jemaah Indonesia tidak langsung menjalani ibadah. Mereka harus menjalani karantina terlebih dulu selama beberapa hari. Jemaah baru dapat menjalani rangkaian ibadah Umrah ketika dinyatakan sehat. kbc10

Bagikan artikel ini: