PTPN XII sabet dua penghargaan di bidang marketing dan kualitas produk

Selasa, 10 November 2020 | 11:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com:  PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII kembali mengukir prestasi, kali ini dua award pada dua ajang penghargaan berhasil disabet dalam sepekan, yakni Export Marketing Development Anak Perusahaan BUMN di Ajang BUMN Branding and Marketing Award 2020 Ke – 8 pada Kamis (5/11) dan Committed Company For Contributing In Best Quality Product Of The Year 2020 di Ajang Best National Achievement Prestigious Award 2020 pada Jumat (30/10) lalu.

BUMN Branding and Marketing Award 2020 ke-8 merupakan penganugerahan yang diselenggarakan oleh BUMN Track bersama ARRBEY Consulting untuk mengapresiasi perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, serta menunjukkan kinerja optimal dalam bersaing di pasar global melalui inovasi branding dan marketing.

SEVP Business Support PTPN XII menyampaikan bahwa hal ini dapat membawa kebanggaan tersendiri bagi PT Perkebunan Nusantara XII. “Dalam kondisi terpuruk akibat musibah pandemi Covid-19, tak hanya sendi kesehatan saja yang mengalami perubahan. Tetapi fluktuatif bisnis pun demikian. Sehingga, hal tersebut menjadi tantangan semua perusahaan, tidak terkecuali perusahaan BUMN seperti PTPN XII, memaksimalkan kemampuan demi tercapainya target penjualan produk perusahaan dan terpenuhinya kebutuhan konsumen," ujar Wien, Surabaya, Selasa (10/11/2020).

Mengangkat tema Optimizing Omni Channel on Branding and Marketing serta melalui proses seleksi yang berlangsung dua tahap, yakni pertama, pengisian kuesioner pada 8 September - 6 Oktober 2020 dan peserta yang lolos seleksi tahap pertama melanjutkan tahap kedua, yakni sesi presentasi dan wawancara di hadapan dewan juri pada 13-21 Oktober 2020. 

Dari sebanyak 114 perusahaan yang berkompetisi dalam ajang ini, hanya 59 perusahaan yang berhasil lolos wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri. Selanjutnya, Kategori pemenang dibagi dalam tiga sektor, yakni BUMN, Anak Perusahaan BUMN dan BUMN Tbk. Ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, proses pengisian kuesioner dan penjurian dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting.

“Kami berharap, melalui BUMN Branding and Marketing Award 2020 ke-8 ini, PTPN XII mampu memberikan pelayanan yang semakin prima sekaligus mampu menjadikan penghargaan ini sebagai evaluasi untuk kemajuan perusahaan," pungkas Wien.

Sebelumnya, di tahun 2018 PTPN XII pun pernah menerima dua penghargaan sekaligus di ajang yang sama, yakni The Best Chief Executive Officer Anak Perusahaan BUMN Ritel Branding Development atas nama Berlino Mahendra Santosa (Direktur Utama PTPN XII) dan Corporate Branding Anak Perusahaan BUMN Sector Agro, Manufacturing & Mining. Pada kesempatan lain, PTPN XII juga mendapatkan penghargaan sebagai Committed Company For Contributing In Best Quality Product Of The Year 2020 di Ajang Best National Achievement Prestigious Award 2020.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh Indonesia Development Achievement Foundation bekerja sama dengan Venna Event Management di Prama Grand Preanger Hotel Bandung ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan lokal maupun Nasional dan lembaga yang memberikan pelayanan terbaik serta atas prestasinya dalam meningkatkan kinerja dan kontribusi bagi pengembangan bisnis dan pembangunan Nasional. 

Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan, Winarto menjelaskan bahwa PTPN XII sebagai perusahaan perkebunan yang menghasilkan berbagai macam produk unggulan seperti Kopi Arabika, Kopi Robusta, Teh, Kakao Edel, Kakao Bulk, Karet, serta produk lainnya yang diekspor dan dipasarkan dalam negeri selalu berkomitmen menjaga kualitas dan mutu produk. 

“Kualitas dan mutu produk selalu menjadi nomor satu di perusahaan kami. Terbukti dari tahun ketahun mutu produk kita tetap sama, ditambah dengan berbagai sertifikasi dari lembaga nasional dan internasional sebagai jaminan akan kualitas produk PTPN XII”, ungkap Winarto.

Winarto juga menambahkan, penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa sampai dengan saat ini PTPN XII masih menjadi kesayangan baik di hati para konsumen maupun stakeholder. 

"Diperolehnya dua penghargaan dalam satu pekan ini merupakan kebanggaan sekaligus bukti bahwa PTPN XII masih disayangi oleh stakeholder dan konsumennya. Dan kami berharap, kondisi ini dapat bertahan dan selalu mengalami kemajuan." tutup Winarto pada wawancara di sela pembacaan nominasi penghargaan.kbc6

Bagikan artikel ini: