Ucapkan selamat, ini yang disampaikan Jokowi kepada Joe Biden

Minggu, 8 November 2020 | 17:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dalam Pilpres AS 2020. Pernyataan itu disampaikan Jokowi lewat akun media sosial miliknya.

"My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy (Selamat Joe Biden dan Kamala Harris atas pemilu yang bersejarah. Perubahan besar ini adalah refleksi dari harapan terhadap demokrasi," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi berharap, presiden negeri Paman Sam itu dapat meningkatkan dan memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dengan AS. Terutama di bidang ekonomi, demokrasi, dan multilateral.

"Look forward to work closely with you in strengthening Indonesia-US strategic partnership and pushing forward our cooperation on economy, democracy and multilateralism for the benefit of our two people and beyond (Tak sabar untuk bekerja sama dengan kalian dalam rangka memperkuat kerja sama Indonesia-Amerika Serikat di sektor ekonomi, demokrasi dan multilateralisme, untuk kemaslahatan bagi rakyat Indonesia dan Amerika Serikat)," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan terpilih sebagai presiden AS ke-46. Biden menang setelah unggul di Pennsylvania. Joe Biden menyambut kemenangannya di Twitter. Ia mengaku merasa terhormat karena dipercaya rakyat AS.

"Amerika, saya merasa terhormat karena Anda telah memilih saya untuk memimpin negara besar kita. Pekerjaan di depan kita akan sangat sulit, tetapi saya menjanjikanmu ini: Saya akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Amerika, baik kamu memilih saya atau tidak. Saya akan menjaga kepercayaan yang Anda berikan ke saya," ujar Joe Biden via Twitter, Sabtu (7/11/2020).

Joe Biden merupakan presiden terpilih yang tertua sepanjang sejarah AS. Dia telah berada di dunia politik hampir selama setengah abad.

Kubu Donald Trump masih belum mengaku kalah. Langkah hukum kini sudah diambil untuk mengadakan hitung ulang dan audit surat suara

Joe Biden mengalahkan Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke-46 pada Sabtu (7/11/2020) waktu setempat, memposisikan dirinya untuk memimpin negara yang dicengkeram oleh pandemi bersejarah dan pertemuan kekacauan ekonomi dan sosial.

Kemenangannya terjadi setelah lebih dari tiga hari ketidakpastian ketika para pejabat pemilihan memilah-milah lonjakan suara yang menunda pemrosesan beberapa surat suara. Biden melewati 270 suara Electoral College dengan kemenangan di Pennsylvania, kantor berita the Associated Press melaporkan, seperti dikutip, Sabtu (7/11/2020). kbc10

Bagikan artikel ini: