Google siapkan fitur screenshot panjang untuk Chrome, ini keunggulannya

Selasa, 3 November 2020 | 14:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Google tengah mempersiapkan fitur baru untuk pengguna browser Chrome. Fitur tersebut adalah Long Screenshot yang bisa mengambil tangkapan layar (screenshot) dalam ukuran yang lebih panjang.

Kemampuan mengambil screenshot sendiri sebenarnya sudah tidak asing digunakan oleh para pengguna ponsel. Meski demikian, fitur Long Screenshot menawarkan benefit yang berbeda dibanding screenshot pada umumnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap tampilan web di layar ponsel secara utuh tanpa terpotong. Fitur Long Shot dinilai praktis karena dapat menyimpan seluruh informasi di dalam satu gambar saja.

Tanda-tanda kehadiran fitur Long Shot terlihat dari sebuah kode di dalam browser Google Chrome yang ditemukan oleh Chromestory.com.

Kode tersebut berbunyi: "Chrome Share Long Screenshots: Enables UI to edit and share long screenshots on Android".

Kode itu mengindikasikan fitur baru yang mampu memungkinkan Google Chrome untuk menangkap seluruh tampilan di halaman web dan membagikannya dengan pengguna Android lain.

Saat ini fitur Long Screenshot masih sedang tahap pengembangan. Namun, fitur ini diperkirakan akan hadir dalam waktu dekat.

Dihimpun dari Sam Mobile, Senin (2/11/2020), fitur serupa sebenarnya telah lama dimiliki oleh Samsung. Vendor smartphone asal Korea Selatan ini sudah memiliki fitur tersebut sejak 2015, tepatnya pertama kali hadir di Galaxy Note 5.

Pengguna yang penasaran dengan fitur ini bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti LongShot fot long screenshot, yang dapat diunduh secara gratis melalui toko aplikasi Google Play Store. kbc10

Bagikan artikel ini: