Perusahaan pemilik Dunkin Donuts laku Rp164 triliun

Minggu, 1 November 2020 | 19:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Inspire Brands Inc, perusahaan waralaba restoran, akan membeli Dunkin Brands Group Inc seharga US$11,3 miliar atau sekitar Rp164 triliun. Kedua perusahaan tersebut mengatakan pada Jumat (30/10/2020). Ini menjadi salah satu transaksi terbesar yang pernah ada di industri restoran yang tengah terpengaruh oleh pandemi.

Dilansir dari Reuters, Inspire Brands mengatakan akan mengambil alih Dunkin Brands Group Inc. dengan harga US$106,50 per saham. Angka tersebut lebih tinggi 20 persen di atas harga saham pada penutupan perdagangan 23 Oktober.

Sementara itu, penjualan Dunkin dan Baskin-Robbins telah meningkat dari posisi terendah mereka dalam beberapa pekan terakhir. Didorong oleh strategi penjualan baru seperti pembelian di tepi jalan dan pesan antar.

Meskipun pandemi telah mengubah kebiasaan konsumen dan membebani keuangan sebagian besar usaha restoran, investasi dalam operasi digital di Dunkin dan ekspansi di luar menu sarapan tradisional telah membantu pangsa pasarnya unggul sepanjang tahun ini karena persaingan yang ketat.

Diketahui bahwa Saham Dunkin naik 32 persen tahun ini, termasuk keuntungan 12 persen sejak berita pembicaraan kesepakatan muncul selama akhir pekan.

Setelah kesepakatan antar dua perusahaan, Dunkin dan Baskin-Robbins akan beroperasi sebagai merek yang berbeda di bawah Inspire, kata perusahaan itu.

"Kami sangat bersemangat untuk memberikan nilai yang berarti bagi pemegang saham yang percaya bahwa merek Inspire akan terus mendorong pertumbuhan untuk pewaralaba kami, sambil tetap setia pada semua yang unik dan spesial tentang merek Dunkin dan Baskin-Robbins," kata Dave Hoffmann, Chief Executive Officer Dunkin.

Sebelumnya, Dunkin Brands telah mengoperasikan 12.900 restoran Dunkin dan lebih dari 8.000 toko Baskin-Robbins di seluruh dunia. Inspire Brands, yang dibentuk pada 2018 oleh firma ekuitas swasta Roark Capital sebagai perusahaan induk, memiliki portofolio lebih dari 11.000 restoran.

"Mereka akan memperkuat Inspire melalui platform internasional berskala dan infrastruktur lisensi barang kemasan konsumen yang kuat, serta menambahkan lebih dari 15 juta anggota loyalitas," kata Paul Brown, CEO Inspire Brands. kbc10

Bagikan artikel ini: