HUT ke-61, pemuda Pancasila Surabaya gelar pemeriksaan kesehatan gratis

Jum'at, 30 Oktober 2020 | 16:55 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Surabaya kembali menyelenggarakan Bakti Sosial Pengobatan Gratis. Kali ini, aksi dilakukan di kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya. Sebanyak 200 orang memanfaatkan momen yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pemuda Pancasila ke-61 tersebut. Kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di daerah Gununganyar Surabaya.

"Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Banyak masyarakat yang memanfaatkan konsultasi dan pemeriksaan gratis ini. Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah tinggi, asam urat, diabetes, dengan parameter Glukosa (GU) acak, Uric Acid dan tensi atau tekanan darah," ujar Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kota Surabaya, Baso Juherman disela perhelatan pemeriksaan kesehatan gratis di Tandes Surabaya, Jumat (30/10/2029).

Ia menegaskan bahwa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan tersebut agar Pemuda Pancasila semakin dekat dengan masyarakat. Karena Pemuda Pancasila adalah Organisasi Masyarakat (Ormas) yang bergerak berbasiskan masa.

"Seperti halnya yang disampaikan Ketua MPW Pemuda Pancasila AA LaNyalla Mahmud Mattalitti agar seluruh anggota tetaplah menjadikan pancasila sebagai pedoman merealisasikan nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa serta terus menjaga toleransi antar golongan, menjaga kebinekaan serta mempersatukan Indonesia. Baksos ini adalah wujud toleransi kami kepada masyarakat sekitar, utamanya di saat pandemi," ujar Baso Juherman.

Anita Rachmi, salah satu tenaga media yang melakukan pemeriksaan mengatakan bahwa dari ketiga jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, terbanyak yang diderita masyarakat adalah tingginya kadar gula darah dan tensi atau tekanan darah.

"Bisa jadi ini karena pola hidup. Pola makan kurang dijaga, kurang olah raga dan kurang tidur. Saat saya tanya, banyak bilang kurang tidur karena sering begadang. Apalagi mereka ini sebagian besar adalah lansia. Pola hidup memang harus dijaga. Istirahat yang cukup dan olah raga setiap hari," ujar Anita.

Agus Yanuar, salah satu warga Tandes menyampaikan terimakasih atas kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh MPC Pemuda Pancasila Kota Surabaya. "Setidaknya pada masa pandemi ini kami warga di sini akan tahu lebih dini kondisi kesehatan kami. Banyak saran yang kami terima dari para medis yang menangani baksos ini. Tentang bagaimana pola hidup dan pola makan yang baik bagi kami," kata Agus.

Seperti diketahui, dalam peringatan HUT ke-61 Pemuda Pancasila, MPC PP Kota Surabaya telah menggelar sejumlah kegiatan. Diantaranya adalah upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan WR Soepratman, bakti sosial pengobatan gratis di daerah Rungkut dan Tandes, penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah di Surabaya, donor darah, dan pembagian sembako di wilayah Gunung Anyar.kbc6

Bagikan artikel ini: