Ini langkah HCML gerakkan perekonomian warga Mandangin

Rabu, 14 Oktober 2020 | 10:35 WIB ET

SAMPANG, kabarbisnis.com: Husky CNOOC Madura Limited (HCML) peduli terhadap peningkatan kesejahteraan warga di kepulauan Desa Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Jawa Timur, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

HCML menggandeng tenaga konsultan bisnis dan Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja setempat untuk memberikan pelatihan dan memberikan bantuan peralatan usaha warga di wilayah kepulauan tersebut.

Ada dua kegiatan pelatihan di antaranya pembekalan pengetahuan tentang mekanik terhadap pemuda Mandangin. Pelatihan juga diperuntukkan 30 UKM untuk meningkatkan hasil produksi olahan makanan termasuk pengemasan dan pemasaran.

Tak hanya itu, HCML juga memberikan bantuan berupa infrastruktur, dengan membangun jalan akses untuk memudahkan aktivitas nelayan hingga pembangunan Mushola.

"Kami mewakili warga Desa Mandangin mengucapkan terima kasih kepada HCML yang perduli dan memperhatikan kebutuhan masyarakat," kata Saiful Anam, Kepala Desa Desa Mandangin, Sampang, Selasa (13/10/2020).

Saiful mengatakan, UKM di Mandangin memproduksi olahan makanan dan pengemasan secara tradisional. Ternyata mereka hanya mampu menjangkau penjualan di wilayah setempat. Pasca pelatihan oleh tenaga ahli dan konsultan bisnis, hasil produksi olahan makanan UKM pulau Mandangin bisa bersaing di pasar bebas.

Pembekalan keterampilan mekanik kepada sejumlah pemuda Desa Mandangin juga bisa meningkatkan tambahan pendapatan di luar hasil nelayan. HCML tidak hanya mendatangkan tenaga pengajar, melainkan juga membantu peralatan usaha mekanik untuk dikembangkan oleh sekelompok pemuda yang menyukai dunia montir.

"Keberadaan HCML untuk masyarakat Mandangin sangat bermanfaat. Perusahaan migas tersebut cukup memberikan warna baru di bidang usaha maupaun peningkatan infrastruktur di desa kami," kata Syaiful.

Sementara untuk menyambut Pulau Mandangin sebagai daerah wisata, HCML mengawalinya dengan mempercantik pulau melalui pembangunan gapura utama.

"Alhamdulilah, Mandangin semakin cantik dengan adanya pembangunan gapura utama masuk desa. Ini merupakan cikal bakal Mandangin menjadi jujukan wisata di Kabupaten Sampang," imbuhnya.

Manager Regional Office HCML, Hamim Tohari, mengatakan, program pemberdayaan masyarakat kepada warga Pulau Mandangin ini merupakan bentuk tanggungjawab dan komitmen perusahaan kepada warga terdampak melalui Corporate Social Responsibility (CSR). "Mudah-mudahan keberadaan HCML bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga pulau Mandangin," tandasnya.

Sementara Agus Wedi, Ketua Pemuda Mandangin Bersatu mengatakan harapan itu tak bertepuk sebelah tangan. Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) HCML memang berdampak positif terhadap masyarakat Desa Pulau Mandangin Sampang. PPM HCML dialokasikan dalam bentuk program pendidikan, peningkatan ekonomi dan kesehatan. Selain itu, juga untuk peningkatan infrastruktur desa.

Dengan adanya program-program tersebut diharapkan mampu membantu kesejahteraan perekonomian masyarakat desa Pulau Mandangin. Disamping juga sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab HCML kepada masyarakat terdampak. "Saya berharap, hubungan silaturahmi antara masyarakat dangan perusahaan yang sudah terjalin dengan baik ini terus berlanjut," kata Agus.kbc6

Bagikan artikel ini: