Realisasi anggaran PEN capai Rp318,5 triliun

Rabu, 7 Oktober 2020 | 20:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam rentang bulan Juli hingga akhir September, realisasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan penangangan Covid 19 sebesar Rp 318,5 triliun dari total dana yang dianggarkan mencapai Rp 695 triliun.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dua terakhir pencairan dana semakin cepat, terutama untuk perlindungan sosial dan bantuan ke 9 juta UMKM.

"Secara total sudah Rp 318,5 triliun yang kita salurkan sejak didirikannya Satgas ini dibentuk pada Juli 2020 dari total target Rp 695,2 triliun dan kita berdoa mudah-mudahan penyaluran di Kuartal III Ini bisa memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap pertumbuhan ekonomi kita," kata Budi dalam keterangan pers secara virtual di Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Khusus untuk pemulihan ekonomi nasional, ada percepatan penyaluran. Per Agustus lalu, dana yang sudah cair baru Rp 151 triliun dan melesat menjadi Rp 268 triliun dalam 2 bulan.

Dia menjelaskan, ke depannya pemerintah sudah menyusun skema penambahan penyaluran bantuan. Seperti dengan memperluas penerima Bantuan Presiden hingga bantuan sosial lainnya berupa subsidi gaji.

"Selain yang tadi Pak Teten (Menkop UKM) sampaikan mengnenai Banpres usaha mikro, juga ada nanti akan diperluas dari 9 juta ke 12 juta penerima, kemudian juga ada bantuan subsidi gaji yang nanti juga sdah disetujui Bapak Presiden diperluas ke guru-guru-guru honorer, itu akan diperluas. Bantuan sosial tetap akan jalan, program keluarga harapan, bantuan sembako, dan juga kartu prakerja itu akan terus jalan dan ada beberapa bantuan-bantuan yang lain," lanjutnya.

Tak habis di situ saja, kata Budi, ada kemungkinan pemerintah memperbesar penjaminan untuk perbankan terkait dengan perusahaan-perusahaan UMKM agar bisa mendapatkan kredit.

"Itu juga akan kita push, karena hibahnya sudah diberikan sekarang Insyaallah kalau modal awalnya sudah terbentuk, modal kerjanya ke depan bisa berjalan. Itu intinya program-program besarnya," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: