Begini strategi Citicon bertahan di tengah pandemi

Senin, 21 September 2020 | 20:14 WIB ET
Tamu yang datang ke Citicon wajib menggunakan masker. Disediakan pula handsanitizer dan meja sekat untuk mencegah droplet.
Tamu yang datang ke Citicon wajib menggunakan masker. Disediakan pula handsanitizer dan meja sekat untuk mencegah droplet.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan pada aktivitas masyarakat termasuk dunia usaha. Penerapan kebiasaan baru (new normal) seperti imbauan pemerintah juga telah diaplikasikan sejumlah pihak.

Seperti yang dilakukan PT Citicon Nusantara Industries, perusahaan bahan bangunan dengan produk bata ringan, panel lantai, panel sandwich dan semen mortar dengan brand Citicon, yang juga mengubah strategi untuk menjalankan roda perusahaan dalam fase new normal ini.

Direktur PT. Citicon Nusantara Industries, Cipto Prabowo Atmojo menyatakan, strategi baru diterapkan agar produksi dan distribusi tetap berjalan lancar. Strategi pertahanan di dalam perusahaan dilakukan untuk menjaga karyawan tetap sehat dan produktif.

"Kami sangat serius menyikapi pandemi Covid-19 ini," ungkap Cipto dalam penjelasan daringnya, Senin (21/9/2020). 

Dijelaskannya, Citicon telah membentuk Satgas (Satuan Tugas) Covid-19. Tugas Satgas antara lain melakukan sosialisasi, pemetaan domisili karyawan serta wilayah terjangkit. "Jadi jika kita investigasi ada suatu wilayah yang terjangkit dan karyawan ada yang berdomisili di situ, maka karyawan tersebut akan kami berikan surat untuk tes rapid dan kami beri sosialisasi. Seluruh prosesnya kami kawal," urainya. 

Cipto juga menyampaikan bahwa imbauan kepada karyawan Citicon dikomunikasikan melalui briefing maupun info-info grafis berupa spanduk di lingkungan pabrik. Strategi mengubah pola kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang dilakukan di dalam pabrik Citicon, juga berjalan sukses.

"Imbauan-imbauan untuk langsung pulang setelah bekerja dan mengikuti protokol kesehatan, selalu disampaikan pada karyawan pada saat briefing. Spanduk-spanduk juga dibuat untuk selalu mengingatkan karyawan agar bisa mengikuti pola hidup sehat," ujar Cipto. 

Dipaparkannya, pola new normal di pabrik Citicon berlaku untuk karyawan dan tamu, di antaranya selama berada di area pabrik diwajibkan menggunakan masker, melewati bilik sterilisasi yang telah disediakan, check suhu badan, mencuci tangan, dan melakukan social distancing.

"Penerapan social distancing tidak hanya soal menjaga jarak. Ini termasuk kami lakukan untuk penggunaan kamar mandi per kelompok pekerja. Setiap karyawan hanya boleh menggunakan kamar mandi yang ada nama-nama mereka," tutur Cipto. 

Lebih lanjut Cipto menuturkan bahwa Citicon memberikan masker, alat makan dan minum kepada setiap karyawan, agar tidak terjadi saling tukar menukar alat makan dan agar masing-masing karyawan bertanggung jawab sendiri dengan peralatannya. Selain itu,  vitamin C dan makanan tambahan juga diberikan. "Di ruang makan juga kami buatkan sekat-sekat dan tempat duduknya pun kami atur untuk menghindari droplet," imbuhnya.   

Sterilisasi ruangan juga dilakukan secara berkala sebanyak tiga kali sehari, di dalam ruangan maupun di tempat publik. Untuk sterilisasi di dalam ruangan dilakukan oleh kepala bagian departemen secara bergantian setiap harinya sebagai bentuk teladan dan kepedulian. “Ini untuk memberikan teladan, bahwa kepala bagian di sini juga turut peduli terhadap pandemi ini. Terutama pada kesehatan dan kebersihan karyawan Citicon,” beber Cipto. 

Terkait hak-hak karyawan, Cipto juga menegaskan bahwa kesejahteraan karyawan tetap dijaga selama pandemi. Meskipun tahun 2020 hari raya Idul Fitri jatuh pada saat pandemi namun Citicon tetap menjalankan kewajibannya untuk memenuhi hak setiap karyawan.

Tidak hanya pola di dalam perusahaan yang berubah, secara pemasaran strategi Citicon juga menyesuaikan dengan kondisi new normal. Strategi penjualan Citicon secara umum tidak ada yang berubah. Yang utama tetap kepuasan pelanggan. 

Selain itu, Citicon juga menyikapi pandemi ini dengan meningkatkan kepedulian dengan membagikan bilik sterilisasi dan wastafel cuci tangan kepada mitra Citicon.

"Di masa pandemi kita melakukan improvisasi bahwa tidak hanya pelayanan untuk kepuasan pelanggan, melainkan ditambah kepedulian terhadap pelanggan dengan memberikan bilik sterilisasi dan bak cuci tangan kepada banyak mitra Citicon," tegas Cipto.

Tak ayal, kepedulian Citicon tersebut mendapatkan respons positif. Baik dari customer atau pun mitra Citicon. kbc7

Bagikan artikel ini: