Membludak, peserta seri 2 'Rare East Java Cuisine Plating Challenge 2020'

Sabtu, 19 September 2020 | 23:21 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ajang mengolah dan menampilkan makanan berbahan lokal bertajuk 'Rare East Java Cuisine Plating Challenge 2020' telah memasuki seri 2 yang berlangsung di Hotel Luminor Surabaya, pada Sabtu (19/9/2020).

Pada gelaran kedua dari tiga seri yang berlangsung tiap akhir pekan tersebut, bahan dasar wajib yang diolah peserta adalah ubi ungu yang dipadu dengan ikan bandeng.

Yang melegakan, pada seri ini minat peserta membludak. Ini pula yang membuat Ketua Indonesia Chef Association (ICA) BPD Jawa Timur, Chef Fahriansyah sumringah.

"Selain jumlah peserta yang melonjak dibanding seri pertama, yakni dari 27 peserta pada pekan lalu dan naik menjadi 31 peserta pada even kedua ini, menu olahan yang ditampilkan peserta juga jauh lebih baik seakan sudah profesional. Ini yang membuat kami bangga," katanya di sela acara.

Dengan kenyataan itu, dia menegaslan bahwa masyarakat mampu mengolah bahan makanan lokal yakni ikan dan ubi ungu menjadi menu yang bisa tampil modern di hotel-hotel berbintang.

"Bayangkan saja, para peserta adalah dari pelaku UMKM, ibu rumah tangga bahkan para pelajar. Tapi sanggup mengolah menu yang bahan lokal yang bisa disejajarkan dengan menu hotel berbintang atau restoran modern," ulas Chef Fahriansyah.

Di tempat yang sama, Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Arryansyah menambahkan, pihaknya bangga bahwa minat masyarakat untuk tampil di kegiatan-kegiatan untuk mengeksplor bahan lokal cukup tinggi.

"Bagi kami pelaku perhotelan, ajang ini juga membuktikan bahwa di tengah pandemi, aktivitas hotel tetap ada dan masyarakat tidak perlu takut beraktivitas, karena juga untuk menggerakkan perekonomian. Tapi tentu tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Sementara itu pada seri kedua yang memilih bahan ikan bandeng dan ubi ungu tersebut terpilih swbagai pemenang adalah Pemenang Viewers Live IG (Geovani Nauly), Pemenang Favorit (Martika Nindy), dan Pemenang Umum (Novida Dwi Khumairoh).

Pada Sabtu (12/9/2020) lalu seri pertama "Rare East Java Cuisine Plating Challenge 2020" digelar di Mercure Grand Mirama Hotel, dengan menggunakan bahan dasar ikan pari atau biasa disebut Iwak Pe Asap dan Ketela Ungu.

Sedangkan serinketiga atau terakhir dikhususkan kalangan profesional yang akan digelar pada Sabtu (26/9/2020) mendatang di Surabaya Suites Hotel, dengan memilih bahan dasar Jangkang dan Ketela Ungu. kbc7

Bagikan artikel ini: