Yoshihide Suga jadi perdana menteri Jepang yang baru

Rabu, 16 September 2020 | 16:35 WIB ET

JAKARTA - Yoshihide Suga, pemimpin baru Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang, terpilih sebagai perdana menteri Jepang yang baru.

Dikutip dari Xinhua, Suga menggantikan Shinzo Abe dalam sesi parlemen, pada Rabu (16/9). Suga dipilih oleh kedua majelis parlemen pada Rabu sore waktu setempat.

Suga diperkirakan akan membentuk kabinet yang berisi menteri-menteri yang pernah menjabat di bawah Abe.

Suga (71 tahun) dianggap sebagai sekutu dekat Abe. Kemungkinan ia akan melanjutkan kebijakan pendahulunya itu. Suga mengaku, ia akan mengejar kebijakan ekonomi dan luar negeri yang menjadi program utama Abe.

Dia akan melanjutkan strategi khas Abe yakni "Abenomics" dari kebijakan moneter yang sangat mudah, pengeluaran pemerintah, dan reformasi sambil mengatasi tantangan Covid-19 dan ekonomi yang merosot, serta menghadapi masalah jangka panjang seperti populasi Jepang yang menua dan tingkat kelahiran yang rendah.

Banyak analis politik menilai, Suga dianggap sebagai “pelari terdepan” untuk menggantikan PM Abe, yang bulan lalu mundur karena penyakit radang usus kronis.

Suga dan Abe telah bekerja sama dalam pemerintahan hampir satu dekade sejak Abe terakhir menjadi Perdana Menteri pada tahun 2012. Abe kemudian tercatat sebagai pemimpin terlama di negara itu sejak akhir Perang Dunia II. kbc0

Bagikan artikel ini: