Hore! Pekerja honorer bakal kecipratan subsidi upah pemerintah

Senin, 14 September 2020 | 19:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah berencana memperluas bantuan untuk para tenaga kerja honorer.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, pemerintah akan membuat kajian lebih dalam untuk memberikan bantuan subsidi upah (BSU) dimana semua tenaga honorer akan bisa mendapatkan bantuan langsung tunai Rp600 ribu.

"Terkait tenaga honorer, pemerintah membuat kajian dimana tenaga honorer juga akan diberikan bantuan," kata Airlangga dialam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Dia bilang, saat ini beberapa tenaga kerja honorer sudah mendapatkan BSU. Namun, hal itu akan terus diperluas agar seluruh tenaga kerja honorer bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Karena sebagian kecil ada yang sudah mendapatkan bantuan dari data BPJS Ketenagakerjaan dan ini akan diarahkan ke seluruh tenaga honorer. Kita siapkan program dan detailnya," kata dia.

Dia menambahkan, pemerintah juga akan melanjutkan Program Kartu Prakerja bagi karyawan informal yang terdampak. Saat ini, sebanyak 5,6 juta sudah mendaftar untuk program tersebut hingga bulan September.

"Kartu Prakerja dibahas kemenkeu, dilihat potensi yang mana tenaga kerja informal yang terdampak. Saat ini ada 3,8 juta sudah mendaftar dan hingga September sudah mencapai 5,6 juta," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: