Erick: Produksi vaksin Merah Putih mulai tahun depan

Kamis, 10 September 2020 | 08:35 WIB ET

JAKARTA - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan, produksi vaksin Merah Putih diperkirakan mulai dilakukan tahun depan. Produksi vaksin Merah Putih merupakan prioritas bagi pemerintah. 

"Insya Allah vaksin Merah Putih bisa mulai diproduksi diharapkan pada 2021 akhir atau 2022 awal. Vaksin Merah Putih jadi prioritas buat kita semua," ujar Erick di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9).

Erick mengatakan, pemerintah nantinya juga akan melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam hal pengadaan vaksin tersebut. Dia menyebut tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat akan mendapat prioritas utama untuk divaksin. Erick mengaku sudah menyampaikan hal ini saat bertemu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) beberapa waktu lalu. 

Komite bersama IDI dan PPNI juga sepakat untuk mendorong perbaikan proteksi terhadap para tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19.  

"(Vaksin awal) tentu yang utama mereka, kedua yang akan disuntik pasti yang rentan, mungkin usia tua atau penyakit turunan itu yang mungkin akan dilakukan," ucap Erick. kbc9

Bagikan artikel ini: