Di tengah pandemi, Garuda Indonesia buka penerbangan carter ke China

Kamis, 3 September 2020 | 14:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah membuka penerbangan ke Kota Chengdu, China. Namun demikian, penerbangan itu bersifat carter alias bukan angkutan niaga berjadwal.

"Kami buka seminggu sekali ke Chengdu dari Soekarno-Hatta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta)," tutur Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra seperti dikutip, Rabu (2/9/2020).

Irfan menjelaskan, penerbangan carter banyak membawa penumpang dengan kepentingan tertentu, seperti repatriasi. Adapun penerbangan dibuka sejak akhir Agustus 2020 lalu.

Selain Garuda, anak usaha perusahaan, yakni Citilink Indonesia, juga membuka penerbangan ke China. Penerbangan tersebut melayani rute Jakarta-Kunming.

Meski telah mengoperasikan pesawat carter ke Negeri Tirai Bambu, Irfan belum memastikan kapan perseroan akan membuka perjalanan reguler. Garuda juga belum berencana menambah rute pesawat carter ke kota lain di China.

Saat ini, maskapai penerbangan pelat merah itu masih menunggu aturan dari regulator setempat. "Kita tunggu pembukaan dari pemerintah China," katanya.

Pemerintah China resmi menutup penerbangan internasional sejak wabah corona melanda negara itu, awal tahun ini. Sejak rute itu ditutup, maskapai nasional pun berpotensi kehilangan 2,7 juta penumpangnya. kbc10

Bagikan artikel ini: