BPJamsostek Surabaya Darmo gencar lakukan sosialisasi program Lapak Asih

Selasa, 1 September 2020 | 09:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: BPJamsostek Cabang Surabaya Darmo terus berupaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta terhadap perlindungan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan terkini. Kali ini, sosialisasi dilakukan secara virtual melalui Webminar dengan tema "Kerja Cerdas, Bahagia, Produktivitas Tinggi - Lapak Asih BPJamsostek Solusinya".

Webminar yang dilaksanakan pada hari Senin (31/8/2020) tersebut dibuka oleh Deputi Direktur Wilayah BPJJamsostek Jawa Timur, Dodo Suharto. Hadir sebagai pembicara, Dewi Retno Suminar, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang juga seorang praktisi Psikolog. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian sekaligus membangun hubungan yang erat (engangement) kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo.

Dodo menjelaskan bahwa jaminan sosial Ketenagakerjaan sangat penting bagi tenaga kerja di seluruh Indonesia, utamanya di saat pandemi Covid-19. Ada empat program yang telah dijalankan dan dikelolah BOJamsostek, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP). Ke empat program ini menjadi pengaman tenaga kerja dan keluarganya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kami berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat merefresh kita kembali untuk tetap positif dalam beraktifitas sehingga kita dapat bekerja cerdas, bahagia sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat," ungkap Guguk Heru Triyoko, Kepala Kantor Cabang Surabaya Darmo.

Kepala Bidang Pelayanan BPJamsostek Kantor Cabang Surabaya Darmo, Faridah Hanum mengatakan, guna mendukung program lemerintah mencegah penyebaran Covid-19, prosedur pelayanan tanpa kontak fisik ini pun pertama kali diperkenalkan BPJamsostek pada Maret 2020 dan mendapat respon yang baik karena lebih memudahkan peserta dalam melakukan proses klaim.

"Dalam pelayanan secara online, untuk klaim JHT peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau melalui situs resmi BPJamsostek. Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi," ujar Hanum.

Selanjutnya, petugas akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsapp atau sms atau telepon.

Jika peserta tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk melengkapi via WA atau email atau datang langsung ke Kantor BPJamsostek yang dipilih saat registrasi, dan memasukkan dokumen ke dalam dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut.

"Jika pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon, email atau WA videocall," tandasnya.

Selain layanan klaim JHT, pengajuan klaim jaminan lainnya (JKK, JP dan JKM) juga diberlakukan metode Lapak Asik. Formulir yang diisi peserta atau perusahaan dapat diletakkan ke dalam dropbox setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi.

Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi Kantor Cabang BPJamsostek dengan membawa persyaratan yang ditentukan, dan memasukkan ke dalam dropbox yang disediakan.

Untuk mengurangi interaksi langsung, dropbox ditempatkan di luar ruangan. Dan sebelum dokumen diverifikasi akan disemprot terlebih dahulu dengan desinfektan. Setelah itu, dokumen akan diteruskan secara berkala kepada petugas back office untuk diproses lebih lanjut.

Guguk mengatakan bahwa BPJamsostek Surabaya Darmo selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan. Hal ini terbukti dengan sinergisme yang harmonis dalam kerjasama dengan seluruh PLKK sebagai wujud nyata pemberian pelayanan kepada peserta BPJamsostek yang mengalami KK-PAK.

"Ditambah lagi dengan perusahaan yang mendukung program Return to Work (Program Kembali Bekerja) sudah 1.089 perusahaan. Webminar ini juga salah satu inovasi dan alat disseminasi informasi dan update manfaat program kepada perusahaan peserta. Inilah bukti nyata BPJamsostek siap memberikan Layanan Prima untuk kehidupan pekerja yang sejahtera," pungkas Guguk.kbc6

Bagikan artikel ini: