Ada tekanan Trump, bos TikTok mengundurkan diri

Jum'at, 28 Agustus 2020 | 10:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: CEO TikTok Kevin Mayer mengundurkan diri setelah Presiden AS Donald Trump mengeluarkan perintah untuk melarang aplikasi video pendek tersebut. Padahal Kevin baru menjabat bos TikTok selama 3 bulan.

"Kami menghargai dinamika politik dalam beberapa bulan terakhir telah secara signifikan mengubah ruang lingkup peran Kevin ke depan, dan sepenuhnya menghormati keputusannya," kata juru bicara TikTok, seperti dikutip dari The Verge.

Mayer mengumumkan kepergiannya melalui email internal yang dilihat oleh Financial Times. Manajer umum TikTok Vanessa Pappas akan mengambil alih posisi itu untuk sementara.

Mayer yang merupakan warga negara Amerika itu mengatakan kepergiannya karena lingkungan politik yang berubah di AS.

"Dalam beberapa pekan terakhir, karena lingkungan politik berubah secara tajam, saya telah melakukan refleksi yang signifikan tentang apa yang diperlukan oleh perubahan struktural perusahaan, dan apa artinya bagi peran global yang saya daftarkan," kata Mayer dalam suratnya.

"Dengan latar belakang ini,dengan berat hati saya ingin memberitahu Anda semua bahwa saya telah memutuskan untuk meninggalkan perusahaan," tambahnya.

Selama beberapa minggu terakhir, TikTok menghadapi tekanan besar dari pemerintahan Trump yang menuntut agar perusahaan Amerika membeli bisnis TikTok di AS. Jika tidak dijual perusahaan asal Tiongkok itu akan dilarang.

Microsoft muncul pertama kali untuk pembicaraan akuisisi, sementara Oracle hingga Netflix juga dilaporkan melakukan pertemuan dengan pemilik TikTok, ByteDance.

Baru-baru ini, TikTok mengajukan gugatan terhadap pemerintahan Trump karena melarang transaksi dengan ByteDance.

Mayer bergabung dengan TikTok pada Mei 2019 setelah, meninggalkan posisinya sebagai kepala konten langsung-ke-konsumen di Disney dimana sebagai pengawas peluncuran Disney Plus. Mayer juga berperan penting dalam beberapa akuisisi utama Disney, termasuk Marvel Entertainment di tahun 2009. kbc10

Bagikan artikel ini: