Sst! Studi ini ungkap masker bisa disterilisasi dengan rice cooker

Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Masker menjadi salah satu alat pelindung diri yang penting digunakan selama pandemi Covid-19. Layaknya pakaian yang digunakan sehari-hari, masker pun perlu dibersihkan dan disterilisasi.

Umumnya, kedua hal tersebut dilakukan dengan mencuci dengan sabun dan air, lalu disemprotkan disinfektan. Tapi kini, ada alternatif yang lebih mudah dan tak membuang banyak waktu dalam membersihkan dan mensterilkan masker.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Urbana-Champaign dari Universitas Illinois di Amerika Serikat yang dipublikasikan di jurnal Environmental Science and Technology Letters pun menyebutkan sekarang masker dapat bersih dan steril dengan penggunaan rice cooker atau alat penanak nasi.

Para peneliti pun mulai dengan serangkaian tes di laboratorium dengan peralatan serbaguna. Dari hasil uji coba dengan menanak masker, khususnya jenis N95 pada suhu minimal 100 derajat Celcius selama 50 menit, ditemukan itu berhasil mematikan empat kelas virus, termasuk jenis virus corona.

"Ada banyak cara berbeda untuk mensterilkan sesuatu tetapi kebanyakan dari mereka akan merusak filtrasi atau alat pernapasan N95," kata asisten profesor teknik sipil dan lingkungan, Vishal Verma, dalam pernyataannya, seperti dilansir dari situs Men’s Health.

Verma menjelaskan, contoh sederhana saat mencuci masker yang bisa merusak filtrasi itu adalah penggunaan mesin cuci. "Mesin cuci dapat membuat masker menjadi longgar dan mengurangi kemampuan untuk menyaring partikel," ujarnya.

Adapun dengan menggunakan tempat menanak nasi, ini tidak hanya akan membersihkan masker dari kontaminasi virus tapi juga menjaga agar ukuran dan kemampuan penyaringan masker pada kondisi sempurna alias tidak berubah.

"Respirator N95 mempertahankan kemampuan filtrasi lebih dari 95 persen dan tetap pas di wajah pemakainya, bahkan setelah 20 kali dekontaminasi di dalam penanak nasi," tambahnya.

Buat yang ingin mencoba teknik pembersihan sekaligus sterilisasi masker dengan rice cooker, berikut beberapa tahap yang bisa diperhatikan:

- Pastikan penanak nasi memiliki mode panas kering

Sangat penting untuk menggunakan mode dry heat pada penanak nasi. Anda juga tidak diperbolehkan menambahkan air ke dalam panci. Anda harus menjaga suhu minimal 100 derajat Celcius setidaknya selama 50 menit.

- Letakkan handuk kering di dasar panci

Lipat handuk kering dan letakkan di sepanjang bagian dasar panci agar masker tidak menyentuh sisi-sisinya sebab permukaan panci lebih panas daripada titik leleh masker sehingga Anda harus menjaganya agar tidak sampai bersentuhan langsung.

- Bisa membersihkan beberapa masker sekaligus

Anda bisa menempatkan beberapa masker ke dalam panci secara bersamaan selama tidak menyentuh sisi dan masih bisa memasang tutup panci di atasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: