Widodo Makmur gandeng Fuji Electric bangun pabrik pakan unggas di Ngawi

Kamis, 20 Agustus 2020 | 11:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Widodo Makmur Unggas (WMU) bakal melakukan ekspansi dengan membangun pabrik pakan ayam di Ngawi, Jawa Timur. Pabrik yang berlokasi di Kecamatan Widodaren tersebut rencananya akan dibangun seluas 12,7 hektare (ha).

Pembangunan pabrik ini untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pakan ternak unggas yang berkualitas. Pabrik tersebut juga diharapkan berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja, terutama di Ngawi.

Direktur Utama WMU Ali Mas'adi mengatakan pembangunan pabrik tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan afiliasi Fuji Electric Group asal Jepang. Diharapkan pabrik ini dapat memulai operasional pada tahun depan.

"(Kebutuhan dana) untuk membangun pabrik pakan di Ngawi senilai Rp 650 miliar. Pabrik ini dijadwalkan beroperasi pada 2021," ujar Ali dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (20/8/2020).

WMU merupakan anak perusahaan Widodo Makmur Perkasa yang bergerak di bidang peternakan ayam terintegrasi. "Saat ini kami memiliki beberapa lokasi peternakan dan fasilitas lain yang tersebar di Pulau Jawa," kata Ali.

Adapun divisi WMU meliputi pakan, peternakan, penetasan, serta rumah potong ayam. Divisi hatchery menerapkan good manufacturing practice (GMP), sehingga menghasilkan produk day old chick (DOC) yang berkualitas. Sementara itu, divisi peternakan yang dilakukan di beberapa lokasi commercial farm menerapkan good farming practice (GFP).

Divisi usaha slaughter house atau rumah potong ayam (RPA) dikelola dengan menerapkan sistem GMP.Lalu divisi feedmill WMU memproduksi pakan ayam berkualitas tinggi. Feedmill WMU memasok kebutuhan pakan internal, kemitraan, dan pihak eksternal."Ini semua dilakukan untuk bisa mendukung dalam misi melayani kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap daging ayam yang berkualitas dan terjangkau," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: