Maskapai jamin armadanya aman dari virus dan bakteri

Selasa, 11 Agustus 2020 | 12:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah telah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menerapkan adaptasi kenormalan baru. Ini membuat aktivitas masyarakat perlahan meningkat.

Kalangan maskapai penerbangan pun berkomitmen untuk mengambalikan kepercayaan masyarakat agar tak segan lagi berpergian menggunakan pesawat.

Mereka meyakinkan bahwa bepergian naik pesawat sangatlah aman dari virus dan bakteri, karena adanya teknologi filter High Efficiency Particulate Air (HEPA).

Komisaris PT Garuda Indonesia, Yenny Wahid mengatakan filter ini hampir 99,9 persen dapat menyaring bakteri yang ada di dalam kabin pesawat.

"Maka dari itu, pesawat merupakan transportasi paling aman dibandingkan dengan moda transportasi lainnya," ucap Yenn dalam diskusi online, Minggu (19/7/2020).

Presiden Boeing Middle East, Bernard Dunn mengatakan, sirkulasi udara yang terjadi di dalam kabin justru paling aman di dunia.

"Hal ini karena di dalam pesawat seperti Boeing memiliki teknologi HEPA filter," ucap Bernard, mengutip dari sesi wawancara bersama AL Jazeera pada Senin (10/8/20200.

Filter ini, menurut Bernard, dapat menyaring 99.9 persen bakteri dan virus, bahkan yang sebesar virus corona.

"Pesawat juga menyedot udara segar dari luar, sehingga udara yang bersirkulasi di dalam kabin sangat aman bagi penumpang," kata Bernard.

Kemudian menurut Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Ade R Susardi, mengatakan bahwa kepercayaan masyarakat untuk kembali naik pesawat sangatlah penting.

"Kepercayaan ini tentu harus dibangun dengan menyediakan fasilitas, yang membuat penumpang merasa aman dari virus saat di dalam pesawat dan sebelum naik pesawat," ujar Ade. kbc10

Bagikan artikel ini: