Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, Indonesia Tumbuh; ayo lewati pandemi!

Selasa, 11 Agustus 2020 | 09:27 WIB ET
Erick Thohir
Erick Thohir

JAKARTA - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir memaparkan ada tiga program utama untuk menangani masalah pandemi. Program tersebut meliputi Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

"Yang kami tanamkan sekarang ini adalah, kesehatan pulih, ekonomi bangkit," ujar Erick dalam keterangannya.

Erick menjelaskan, pelaksanaan program Indonesia Sehat terdiri dari pelbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. Di antaranya sosialisasi perubahan perilaku secara luas, akselerasi uji swab PCR, pelacakan dan karantina secara nasional, serta terapi penyembuhan berkelanjutan.

Melalui program ini, pemerintah juga mendorong perubahan zona merah menjadi kuning dan hijau dengan prioritas delapan provinsi dan mempersiapkan Pilkada aman.

Kemudian, pemerintah merencanakan kerja sama pembuatan dan pendistribusian imunisasi vaksin serta obat-obatan pembentuk anti-bodi dan daya tahan tubuh dalam satu tahun ke depan, menerapkan satu data untuk penanganan Covid-19, serta memaksimalkan peran layanan kesehatan primer rumah sakit untuk penanganan Covid-19 di setiap daerah.

Erick mengatakan. satgas juga menyiapkan pelayanan yang berkualitas dan terjangkau dengan pendekatan keluarga, mengendalikan penyakit tidak menular terintegrasi, mempercepat kemandirian alat kesehatan dan obat dalam negeri, hingga tansformasi sistem kesehatan dan BPJS berkualitas.

Sementara itu, untuk program Indonesia Bekerja, pemerintah berjanji mempercepat pencairan berbagai stimulus. Suntikan ini meliputi bantuan UMKM produktif, bantuan kredit dan subsidi bunga UMKM, pemberian subsidi gaji melalui BP Jamsostek, penyaluran bantuan untuk peserta Kartu Prakerja, penambahan bantuan sosial, pemberian subsidi listrik untuk kelompok berpenghasilan rendah, serta relaksasi abodemen listrik.

Pemerintah juga akan mempercepat penyaluran kredit untuk usaha informal dan melaksanakan program padat karya pangan oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian PUPR.

Program padat karya di pedesaan dilakukan dengan cara menggenjot produktivitas pangan, pelaksanaan program irigasi, pengembangan embung, pembangunan desa, serta percepatan penyerapan tenaga kerja. "Dalam Indonesia Bekerja, ada bantuan UMKM produktif mudah-mudahan satu-dua minggu ini diumumkan 12 juta untuk mikro retail akan dibantu Rp 2,4 juta, kurang lebih Rp 28,8 triliun," tuturnya.

Sedangkan program Indonesia Tumbuh meliputi pengembangan di sektor maritim. Salah satunya, pemerintah bakal menempatkan nelayan sebagai pilar utama untuk membantu pemulihan ekonomi. Pemerintah juga akan meningkatkan penerimaan melalui cukai rokok, plastik, BBM, kendaraan, serta melakukan transformasi penerimaan perpajakan.

Di luar stimulus sebesar Rp 695 triliun yang dianggarkan pemerintah pusat untuk penanganan pagebluk, Erick menyatakan pemerintah daerah memiliki mata anggaran untuk pemulihan ekonomi. kbc9

Bagikan artikel ini: