Empat kota di Jatim alami inflasi, dan 4 lainnya deflasi pada Juli 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 | 11:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Laju Indeks Harga Konsume  (IHK) atau inflasi di wilayah Jatim sepanjang Juni 2020 mengalami deflasi yang cukup besar akibat turunnya harga berbagai komoditas kebutuhan selama bulan tersebut. Data Badan Pusat Statistika (BPS) Jatim menunjukkan bahwa pada Juli 2020,Jatim mengalami deflasi sebesar 0,29 persen.

Kepala BPS Jatim Dadang Hardiwan mengatakan bahwa ada sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga, diantaranya adalah kelompok makanan, minuman serta tembakau sebesar 1,22 persen, dan kelompok transportasi sebesar 1,05 persen.

"Sesuai catatan kami, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga pada Juli 2020 antara lain angkutan udara, bawang merah, daging ayam ras, bawang putih, gula pasir, jeruk, pepaya, ikan mujair, daging sapi, dan pisang," ujar Dadang di Surabaya, Senin (3/8/2020).

Sementara berdasarkan penghitungan di delapan kota Indeks Harga Konsumen (IHK) Jawa Timur selama Juli 2020, empat kota mengalami inflasi dan empat kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi, kata Dadang, terjadi di Probolinggo yaitu mencapai 0,16 persen, diikuti Malang sebesar 0,06 persen, serta Banyuwangi dan Jember masing-masing sebesar 0,01 persen.

Sedangkan yang mengalami deflasi di antaranya Surabaya sebesar 0,41 persen, Sumenep sebesar 0,12 persen, Kediri sebesar 0,06 persen, dan Madiun sebesar 0,04 persen.

Untuk penyumbang utama terjadinya deflasi di masing-masing kota IHK Jawa Timur adalah bawang merah dan bawang putih, kemudian komoditas daging ayam ras yang hampir terjadi di seluruh kota di Jawa Timur kecuali Sumenep.

Sedangkan penghambat utama deflasi di masing-masing kota IHK Jawa Timur adalah emas perhiasan dan telur ayam ras yang menjadi penghambat utama di semua kota IHK.

"Ada lagi komoditas cabai rawit yang juga menjadi penghambat utama deflasi di hampir seluruh kota di Jawa Timur kecuali di Jember dan Surabaya," tuturnya.

Sedangkan kelompok yang mengalami inflasi yaitu kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,16 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,01 persen.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga alami inflasi sebesar 0,14 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,24 persen, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen, kelompok pendidikan sebesar 0,15 persen.

"Selain itu, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran inflasisebesar 0,21 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,25 persen. Sementara kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya tidak mengalami perubahan, ujarnya.

Jika dibandingkan tingkat inflasi tahun kalender Januari-Juli 2020 di 8 kota IHK Jawa Timur, Jember merupakan kota dengan inflasi tahun kalender tertinggi yaitu mencapai 1,38 persen. Sedangkan kota yang mengalami inflasi tahun kalender terendah adalah Surabaya yang mengalami inflasi sebesar 0,75 persen.kbc6

Bagikan artikel ini: