Startup ini sebar beasiswa Rp8 miliar di masa new normal

Senin, 3 Agustus 2020 | 13:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus bekerja dan belajar di rumah guna mencegah penyebaran wabah. Situasi ini mengakibatkan para pelajar di Indonesia harus menempuh pendidikan secara daring.

Lembaga pendidikan yang tadinya hanya menawarkan kelas tatap muka, kini mulai beradaptasi dengan melakukan kegiatan belajar mengajar melalui sambungan internet.

Tepat pada Mei 2020, Algoritma Data Science School yang merupakan pelopor dalam pendidikan data science di Indonesia mengadakan batch online pertama melalui platform video conference.

Platform ini dipilih agar para murid tidak kehilangan pengalaman belajar interaktif dengan Instruktur dan Teaching Assistant walaupun harus terpisah oleh jarak. Lulusan yang lulus dari program ini dengan nilai kelulusan minimum 85 juga diberikan dukungan karier berupa penempatan kerja di jaringan perusahaan rekanan yang dimiliki oleh Algoritma.

Dalam rangka hari ulang tahun Algoritma Data Science School ketiga yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2020, Algoritma meluncurkan program Algoritma Data Science Scholarship.

Melalui program ini Algoritma berkomitmen memberikan total beasiswa senilai Rp8 Miliar untuk para pelajar-pelajar di Indonesia yang ingin mengikuti pelatihan online Algoritma.

Ada 2 tipe beasiswa yang diberikan, beasiswa penuh dan beasiswa sebagian. Beasiswa penuh akan diberikan kepada 160 applicant yang lolos tahapan seleksi, dan beasiswa sebagian akan diberikan kepada 480 applicant.

Jadi, total penerima beasiswa dalam program beasiswa ini adalah 640 orang applicant yang distribusinya akan dilakukan dalam kurun waktu 4 tahun.

Pada program beasiswa penuh applicant yang lolos tahapan seleksi hanya diharuskan untuk membayar biaya komitmen senilai Rp. 1.000.000,- yang akan dikembalikan apabila peserta telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan minimum nilai kelulusan 70 dan tidak abstain lebih dari 3 kali.

Pada program beasiswa sebagian, masih ada sebagian biaya yang harus dibayarkan penerima beasiswa. Kriteria penerima beasiswa penuh adalah applicant yang memiliki latar belakang finansial yang kurang beruntung akan tetapi memiliki kemauan belajar yang tinggi.

Program beasiswa yang diberikan merupakan program belajar data science selama 4 bulan. Dalam program ini peserta akan mempelajari bahasa pemrograman R, Python, dan SQL untuk kepentingan analisis data.

Peserta yang hendak mendaftar untuk program beasiswa ini tidak diharuskan memiliki latar belakang pendidikan tertentu, karena kurikulum yang digunakan sudah disusun agar peserta dari latar belakang pendidikan apapun tetap dapat mengikuti kelas dengan baik.

Pada 5 Agustus 2020 pendaftaran untuk program Algoritma Data Science Scholarship ini akan dibuka. Dalam seleksi gelombang pertama ada 40 beasiswa penuh dan 120 beasiswa sebagian yang akan diberikan kepada applicants yang memenuhi kriteria.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 30 September 2020 dan penerima beasiswa akan diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2020.

Anda tidak perlu ragu untuk mendaftarkan diri Anda dalam program Algoritma Data Science Scholarship, program ini terbuka bagi Anda di seluruh Indonesia yang saat ini belum bekerja dan saat ini duduk di bangku kuliah. kbc10

Bagikan artikel ini: