New normal, Mendag jamin pasokan dan stok pangan aman

Jum'at, 3 Juli 2020 | 14:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan atau Mendag Agus Suparmanto menjamin pasokan dan stok pangan di dalam negeri aman di masa kenormalan baru alias new normal. Untuk itu dia meminta masyarakat tak berbelanja komoditas secara berlebihan dan mengkhawatirkan stok komoditas bahan pangan.

"Kami menjamin ketersediaan pasokan dan stok barang kebutuhan pokok masyarakat aman dengan harga yang terjangkau," ujar Agus Suparmanto di Yogyakarta, Kamis (2/7/2020).

Dia menuturkan, saat ini Kementerian Perdagangan gencar mendorong pasar rakyat beroperasi kembali dengan mengedepankan protokol kesehatan. "Pengelola pasar, pedagang, sampai pembeli harus disiplin mengimplementasikan protokol kesehatan," ujarnya.

Agus menambahkan, Kementerian Perdagangan telah melakukan refocusing dan realokasi anggaran percepatan penanggulangan Covid-19. Salah satu bentuknya penyaluran bantuan alat dan sarana kesehatan bagi pedagang dan pembeli di 157 pasar rakyat di Indonesia. Bantuan itu totalnya senilai Rp 5,4 miliar.

"Dari 157 pasar rakyat yang jadi sasaran itu, untuk DI Yogyakarta bantuan dialokasikan ke tujuh pasar rakyat," ujar Agus.

Agus memaparkan, perekonomian Indonesia harus bangkit. Sendi-sendi perekonomian harus bergerak dengan dibukanya kembali aktivitas perdagangan, khususnya pusat perbelanjaan dan pasar rakyat.

Sehingga hasil panen petani dan produk UMKM kembali tersalurkan. "Kami yakin perekonomian segera bangkit. Kebutuhan konsumsi ini kan mempengaruhi PDB (Pendapatan Domestik Bruto) yang sangat besar. Itulah yang menjadi peluang besar mendukung kegiatan aktivitas perdagangan," ujar Agus. kbc10

Bagikan artikel ini: